Intip Kecanggihan S-500 Prometheus, Sistem Pertahanan Udara Terbaru Rusia

Jum'at, 26 April 2024 - 18:00 WIB
loading...
A A A
Pengamat militer Rusia dan asing percaya bahwa S-500 adalah sistem pertahanan udara dan rudal paling canggih di dunia. Pakar militer Rusia House Yuri Knutov menulis dalam analisisnya bahwa S-500 adalah robot dengan mode otomatis dan elemen kecerdasan buatan, ia dapat menentukan jenis target, membedakan teman dan musuh, memilih target paling berbahaya, memilih jenis rudal yang diperlukan. "Dan semua ini dilakukan di bawah kendali operator manusia, tapi itu juga dapat dilakukan dalam mode manual sepenuhnya, di mana semua fungsi dilakukan oleh operator, atau dalam mode otomatis,” katanya.

Senada, pengamat pertahanan Alexander Kurolenko menyatakan S-500 adalah alat utama dalam perisai pertahanan udara dan rudal Rusia yang dapat melindungi seluruh kota dari serangan musuh.

Sementara analisis Majalah Military Watch tahun 2022 menyatakan S-500 adalah pengganda kekuatan bagi Angkatan Pertahanan Udara Rusia, yang meningkatkan kemampuannya untuk menghancurkan rudal dan ancaman berbasis ruang angkasa. Dikatakan S-500 juga dapat menghancurkan ancaman generasi kelima pesawat militer seperti F-22 dan F-35.

MG/Muhammad Rauzan Ranupane Ramadan
(msf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1845 seconds (0.1#10.140)