Riset Buktikan T. Rex Memiliki Otak Cerdas seperti Buaya

Selasa, 30 April 2024 - 09:00 WIB
loading...
Riset Buktikan T. Rex Memiliki Otak Cerdas seperti Buaya
Tyrannosaurus rex mungkin sama cerdasnya dengan babon. FOTO/ IFL SCIENCE
A A A
LINDON - Meskipun penelitian tahun 2023 yang menggunakan tempurung otak bertulang untuk menyimpulkan kecerdasan dinosaurus menunjukkan bahwa Tyrannosaurus rex mungkin sama cerdasnya dengan babon, sebuah penelitian baru membantah klaim tersebut.



Penelitian baru yang dilakukan oleh tim ilmuwan internasional yang terdiri dari 11 orang ini menemukan bahwa metodologi yang digunakan dalam penelitian sebelumnya tidak dapat diandalkan, sehingga menghasilkan perkiraan yang salah tentang jumlah neuron dan ukuran otak.

Seperti dilansir dari IFL Science, Selasa (30/4/2024), mereka menjelaskan bahwa endocast, cetakan rongga bagian dalam tempurung otak, tidak dapat disamakan dengan otak itu sendiri.

Bentuk dan ukuran endocast dapat berbeda secara substansial dari otak yang sebenarnya, terutama pada reptil dan dinosaurus yang sudah punah di mana otak hanya mengisi sebagian kecil dari rongga tengkorak.

Berdasarkan temuan ini, T. Rex kemungkinan tidak secerdas babon, dan lebih tepat digambarkan sebagai "buaya raksasa yang cerdas".

Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih akurat tentang kecerdasan dinosaurus dan membantu kita untuk lebih memahami hewan-hewan menakjubkan ini.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3094 seconds (0.1#10.140)