10 Hewan Berekor Unik, Ada yang Bisa Menarik Perhatian Betina

Rabu, 08 Mei 2024 - 19:14 WIB
loading...
10 Hewan Berekor Unik, Ada yang Bisa Menarik Perhatian Betina
Ekor kanguru yang ikonik lebih dari sekadar penyeimbang lompatan. (Foto: Thoughtco)
A A A
JAKARTA - Dunia hewan bisa menjadi bukti adaptasi berbagai bentuk makhluk hidup, salah satunya terlihat di bagian ekor. Pelengkap menakjubkan ini hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran serta punya beberapa fungsi yang benar-benar menakjubkan dan unik.

Melansir Times of India, Rabu (8/5/2024), berikut 10 hewan berekor unik di dunia:

1. Rubah Arktik


Banyak hewan memiliki ekor lebat untuk menghangatkan tubuh, tetapi rubah Arktik membawanya ke tingkat berikutnya. Ekornya berfungsi seperti syal berbulu raksasa dan membungkus seluruh tubuhnya saat dia tidur. Fungsinya seperti kantong tidur built-in, menjaga mereka tetap nyaman bahkan dalam kondisi Arktik yang paling keras sekalipun.

2. Monyet Laba-laba


Monyet laba-laba berciri unik, yaitu ekornya cukup kuat untuk menopang berat badannya sendiri. Ekor mereka sangat sensitif sehingga dapat mengambil benda terkecil sekalipun. Monyet laba-laba mengandalkan ekornya untuk melakukan akrobatik. Ekor mereka cukup kuat untuk menopang seluruh berat badan, memungkinkan mereka terbang melintasi hutan hujan lebat dengan kelincahan luar biasa.


3. Merak


Bulu ekor merak jantan menampilkan warna-warna cerah dan pola rumit yang spektakuler. Tapi ini bukan hanya untuk pertunjukan. Ekor spektakuler ini sebenarnya digunakan untuk menarik perhatian betina.

4. Lemur Ekor Cincin


Seperti namanya, lemur ekor cincin memiliki ekor yang dihiasi pita hitam putih mencolok. Pita ini lebih dari sekedar pola lucu dan malah menjadi sarana komunikasi yang penting. Lemur menggunakan gerakan ekor dan postur tubuh untuk menyampaikan pesan satu sama lain, menjaga ketertiban sosial, dan memastikan keamanan kelompok.

5. Tupai Terbang India


Ekor tupai terbang India bukan hanya untuk dilihat saja. Mereka memiliki tujuan, keseimbangan, peran protektif dan komunikatif yang sama seperti kerabat mereka. Tupai raksasa India sangat mengesankan bukan hanya karena ukurannya. Ekornya yang lebat dapat digunakan sebagai payung matahari di hari yang panas dan sebagai selimut yang nyaman di malam yang sejuk.


6. Kanguru


Ekor kanguru yang ikonik lebih dari sekadar penyeimbang lompatan. Ekornya juga berperan penting dalam keseimbangan, terutama ketika anaknya disimpan dengan aman di dalam kantong. Ekornya membantu kanguru menjaga keseimbangan saat berdiri tegak dan bergerak di medan yang tidak rata.

7. Moth Luna


Ngengat memiliki ekor spektakuler yang terlihat seperti bendera bercabang melambai tertiup angin. Ekor ini membantu ngengat membingungkan predatornya. Dengan mengayunkan ekornya dengan cepat saat terbang, ngengat menghalangi pandangan predator dan membuat mereka lebih sulit ditangkap.

8. Macan Tutul Salju


Ekor macan tutul salju lebih dari sekedar pelengkap yang indah, sekaligus sebagai penyamaran. Ekornya yang tebal dan berujung hitam membantu macan tutul menyatu dengan medan pegunungan berbatu, membuatnya hampir tidak terlihat oleh mangsa.

9. Bunglon


Bunglon dikenal karena kemampuannya mengubah warna, tetapi ekornya juga terkenal. Ekor bunglon merupakan ekor yang dapat memegang yang memungkinkannya mencengkeram dahan dan dedaunan, sehingga memberikan pijakan lebih aman saat bergerak melalui kanopi hutan hujan.

10. Kuda laut


Kuda laut mungkin tidak memiliki ekor yang mengesankan pada pandangan pertama, namun fungsinya benar-benar unik. Ekornya berotot dan berfungsi seperti tangan kecil. Kuda laut menggunakan ekornya untuk berlabuh di lamun, karang, dan struktur bawah air lainnya dan bergerak perlahan mengikuti arus.

MG/Muhammad Rauzan Ranupane Ramadan
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1771 seconds (0.1#10.140)