Mengintip Wajah Firaun Terkaya, Berkat Teknologi Forensik Wajah

Sabtu, 18 Mei 2024 - 19:30 WIB
loading...
Mengintip Wajah Firaun Terkaya, Berkat Teknologi Forensik Wajah
Amenhotep III ditahbiskan menjadi Firaun terkaya pada era Mesir Kuno. (Foto: Ancient Origins)
A A A
JAKARTA - Kerajaan Mesir Kuno mencatat kejayaan penguasa Amenhotep III. Berkat kecanggihan teknologi forensik wajah Firaun terkaya tersebut.

Amenhotep III ditahbiskan menjadi Firaun terkaya pada era Mesir Kuno pada zaman keemasan sekira 3.400 tahun lalu. Tim ahli multinasional, termasuk di dalamnya Cicero Moraes berhasil mengungkap kemiripan wajah dari sang Firaun legendaris ini menggunakan teknik forensik canggih dan data dari tengkorak muminya.

Michael Habicht, arkeolog Universitas Flinders, Australia merintis proyek tersebut. Habicht menggambarkan penampakan Amenhotep III sangat berbeda dengan patungnya yang banyak beredar.

“Ini adalah wajah tenang bagi seseorang yang mempromosikan perdamaian dan hidup di masa kemakmuran ekonomi terbesar,” kata Habicht, menyoroti kontras antara wajah tenang dan citra kuat yang digambarkan dalam seni kuno dilansir dari Ancient Origins, Sabtu (18/5/2024).



Melalui teknik menggunakan tengkorak Firaun, pakar grafis asal Brazil Cicero Moraes secara digital membuat ulang wajah Amenhotep III. Ia mengintegrasikan data tambahan dari donor yang masih hidup untuk memperkirakan dimensi fitur wajahnya.

Moraes dan timnya memanfaatkan data dari individu dengan indeks massa tubuh tinggi untuk mencerminkan penampilan tegap Firaun. Hasil akhirnya memerlihatkam warna kulit dan fitur wajah yang detail, menawarkan gambaran sekilas ke masa lalu.

Kisah dan Warisan Amenhotep III


Pemerintahan Amenhotep III ditandai dengan pencapaian signifikan di bidang arsitektur dan diplomasi. Selama pemerintahannya, ia membangun banyak kuil pemujaan di Thebes dan membangun kompleks istana Malqata. Patung-patung kolosalnya dikenal sebagai Colossi of Memnon masih berdiri sebagai bukti keagungannya.

Meskipun menjadi salah satu penguasa paling terkemuka dari Dinasti ke-18 selama era Kerajaan Baru, muminya menggambarkan Amenhotep III hanya setinggi sekitar 156 sentimeter. Perawakannya ini sangat kontras dengan patung-patung menjulang tinggi yang menggambarkan dirinya.



Istri firaun, Tiy berperan penting dalam pemerintahannya. Surat-surat diplomatik Amenhotep III juga memberikan wawasan tentang kekayaan dan pengaruhnya. Para pemimpin asing sering meminta emas darinya. Beberapa orang berspekulasi bahwa muminya mungkin ditutupi dengan daun emas yang semakin menekankan status keilahiannya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2240 seconds (0.1#10.140)
pixels