Pedang Firaun Ditemukan dalam Kondisi Utuh, Berusia 3 Ribu Tahun

Senin, 23 September 2024 - 07:05 WIB
loading...
Pedang Firaun Ditemukan...
Pedang Firaun dari perunggu berusia 3.000 tahun masih utuh. Foto/Interesting Engineering
A A A
JAKARTA - Para arkeolog menemukan padang perunggu Firaun atau Ramses II selama penggalian di benteng militer Mesir kuno di situs kuno Tell Al-Abqain di distrik Hosh Issa, Mesir timur laut, selatan Alexandria. Pedang dari perunggu berusia 3.000 tahun itu masih utuh.

Ramses II merupakan salah satu firaun Mesir yang paling terkenal, dengan julukan Ramses the Great. Ia memerintah Mesir dari 1279 SM hingga 1213 SM, memperluas perbatasan kerajaan hingga ke Suriah dan Sudan saat ini.

Interesting Engineering melansir, Senin (23/9/2024) pedang Firaun ditemukan di antara struktur bata lumpur, termasuk barak militer dan ruang penyimpanan senjata serta perbekalan, di situs kuno Tell Al-Abqain di distrik Hosh Issa.

Menurut pengumuman pemerintah, pedang perunggu ini, yang bertuliskan cartouche kerajaan Ramses II, telah terkubur selama lebih dari 3.000 tahun.

Benteng Al-Abqain merupakan pos militer strategis di Mesir kuno, menjaga perbatasan barat laut negara dari serangan suku-suku Libya dan orang-orang laut. Di antara penemuan-penemuan di situs tersebut adalah lumbung-lumbung besar, guci penyimpanan keramik, aplikator kohl gading, manik-manik carnelian dan faience, scarab, jimat pelindung, dan pedang yang menampilkan cartouche Ramses II.



Dr. Ahmed Saeed El-Kharadly, yang memimpin tim penggalian, menjelaskan Al-Abqain berfungsi sebagai barak bagi prajurit dan berisi ruang penyimpanan senjata, makanan, dan perbekalan.

Bersama dengan pedang tersebut, mereka menemukan potongan-potongan keramik besar yang diisi dengan tulang ikan dan hewan, panci masak, dan barang-barang pribadi seperti guci gading dan agat, serta manik-manik merah dan biru.

Selama pemerintahan Ramses II, Mesir terlibat dalam banyak konflik dengan Hittites dan Libyans, sehingga diperlukan pos-pos militer seperti yang ada di Al-Abqain. Sebuah blok batu kapur bertuliskan namanya juga ditemukan di benteng tersebut, yang menggarisbawahi pentingnya benteng tersebut selama pemerintahannya.

Meskipun ada tuntutan militer, era Ramses II ditandai dengan berkembangnya seni dan budaya, meninggalkan banyak artefak bagi para arkeolog untuk dijelajahi dan dipelajari.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1726 seconds (0.1#10.140)