Canggih, China Ciptakan Anjing Robot Bersenjata Mesin dan Teknologi AI

Kamis, 30 Mei 2024 - 07:12 WIB
loading...
Canggih, China Ciptakan Anjing Robot Bersenjata Mesin dan Teknologi AI
Anjing robot China yang dilengkapi senjata mesin memiliki bobot 50 Kg. (Foto: ABC11)
A A A
JAKARTA - China memamerkan sepasang anjing robot, satu membawa senapan mesin dan yang lainnya ditenagai oleh AI. Televisi pemerintah China Central Television (CCTV) melaporkan berita tentang anjing digital tersebut awal pekan ini.

Keduanya sangat mirip dengan Spot robo-canine milik Boston Dynamics. Model pertama beratnya 50 Kg, ditampilkan membawa senapan mesin dan dikendalikan dari jarak jauh.

"Ini bisa menjadi anggota baru dalam operasi tempur perkotaan kami, menggantikan anggota kami untuk melakukan pengintaian dan mengidentifikasi musuh serta menyerang target selama pelatihan kami," kata Chen Wei, tentara China dilansir dari The Register.

Anjing lainnya, seberat 15 Kg, diklaim memiliki kemampuan menemukan jalan sendiri di medan perang berkat AI serta mengirimkan informasi tentang rintangan di lokasi seperti pagar kawat, ban bekas, dan paku ban. Anjing itu juga bisa melompat dan bergerak maju mundur. Berbaring adalah pilihan lain untuk menghindari serangan.



Anjing robot China yang membawa senapan mesin bukanlah hal unik. Militer AS telah mengeksplorasi ide yang sama. Pendekatan tersebut membuat kedua negara selaras dengan sentimen internasional saat ini bahwa senjata otonom terlalu berbahaya untuk dilepaskan - kesalahan yang dibuat oleh senjata yang dikendalikan AI dapat meningkatkan konflik dan mengakibatkan lebih banyak kerugian bagi manusia.



Militer China tidak mengungkapkan apakah anjing robot mereka siap untuk aksi di garis depan, tetapi penggunaan dalam latihan militer gabungan dengan Kamboja menunjukkan bahwa skenario tersebut sedang dipertimbangkan.

Namun, efektivitas anjing robot ini masih dipertanyakan. China Central Television melaporkan baterai yang dipasang memberi daya pada mesin selama dua hingga empat jam, waktu yang relatif singkat dalam konflik nyata.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2395 seconds (0.1#10.140)
pixels