Robot Anjing Rusia M-81 Pembawa Roket, Mirip Robot Buatan China

Selasa, 11 Oktober 2022 - 17:01 WIB
loading...
Robot Anjing Rusia M-81 Pembawa Roket, Mirip Robot Buatan China
Rusia telah mengembangkan robot berbentuk anjing yang dapat membawa dan meluncurkan roket dengan nama M-81. Foto DOK ziare
A A A
JAKARTA - Rusia telah mengembangkan robot berbentuk anjing yang dapat membawa dan meluncurkan roket dengan nama M-81. Negara beruang merah itu memang dikenal sebagai pemilik senjata militer yang canggih.

Robot anjing buatan Rusia ini diperkenalkan ke publik pada Agustus 2022. Dilansir dari tadviser.com, menurut pengembang robot ini nantinya digunakan untuk pengintaian di zona darurat.

Baca juga : 3 Senjata Rusia yang Bisa Menjadi Pemicu Kiamat Dunia

Beberapa kantor berita Rusia juga telah membagikan cuplikan video yang menunjukkan robot M-81 berjalan di sekitar ruang konferensi dan melakukan fungsi mekanis dasar, seperti menggerakkan kaki serta berjalan maju mundur.

Selain untuk membawa roket launcher, robot anjing ini juga berfungsi sebagai pembawa obat obatan yang nantinya akan disesuaikan dengan misi tempurnya.

Beberapa hal yang dapat dilakukan oleh robot anjing buatan Rusia ini adalah, membidik tembakan, patroli keamanan, mengangkut senjata dan amunisi.

Melansir dari technology.org, beberapa wartawan telah mengidentifikasi bahwa senjata yang terletak di bagian punggung adalah rocket launcher anti tank sekali pakai RPG-26.

Analis juga telah menyatakan bahwa M-81 asal Rusia ini dapat membidik dari jarak jauh dan kemungkinan dapat tetap berdiri setelah menembakkan roket.

Disamping potensinya, hal yang membuat orang terheran heran adalah spesifikasi teknis dari robot ini. Analisis mengungkapkan bahwa M-81 sebenarnya bisa diproduksi oleh pabrikan China.

Lebih jauh lagi, tampaknya ini adalah model kelas konsumen (bukan kelas militer) yang dapat dibeli dari berbagai platform perdagangan online dengan harga yang relatif murah yaitu 2.700 USD.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1376 seconds (0.1#10.140)