Fenomena Super Langka 6 Planet Berbaris Sejajar Terjadi Hari Ini

Senin, 03 Juni 2024 - 17:29 WIB
Fenomena Super Langka 6 Planet Berbaris Sejajar Terjadi Hari Ini
6 Planet Berbaris Sejajar Terjadi Hari Ini. FOTO/ DAILY
LONDON - Enam planet diposisikan dalam 'satu baris' hari ini Senin (3/6/2024)dan ini adalah waktu terbaik untuk melihatnya dari Bumi.

Planet-planet yang berurutan adalah Yupiter, Merkurius, Uranus, Mars, Neptunus, dan Saturnus. Fenomena alam tersebut bisa disaksikan pada malam hari di negara-negara Barat.

Beberapa ahli mengatakan keselarasan tersebut sulit dideteksi namun bukan tidak mungkin untuk dilihat.

“Melihat keselarasan memang akan menantang karena terjadi sekitar matahari terbit dan semuanya relatif rendah di Timur,” jelas Profesor Danny Steeghs dari Departemen Fisika Universitas Warwick, Inggris seperti dilansir The Sun, Senin (3/6/2024)

Fenomena visual ini berbeda dengan keselarasan astronomi, di mana planet-planet berkumpul di sisi Matahari.

Mereka yang berharap dapat melihatnya dapat melakukannya jika langit cerah dan ufuk barat hampir datar.

Penting untuk menjaga langit bebas dari hambatan seperti pohon atau bangunan. Untuk mendapatkan pemandangan terbaik, para pengamat bintang disarankan menggunakan teropong.

Namun, peralatan yang lebih baik mungkin diperlukan untuk mendeteksi Uranus dan Neptunus.

Fenomena ini terjadi karena posisi orbit planet-planet tersebut yang sejajar dengan Bumi dan Matahari. Meskipun keenam planet tersebut terlihat berjajar, perlu diingat bahwa mereka sebenarnya tidak berada di garis lurus yang sama dalam ruang angkasa.

Waktu terbaik untuk melihat parade planet ini adalah sebelum fajar, sekitar pukul 04.00 hingga 05.30 waktu setempat. Planet-planet akan terlihat di timur laut, dekat ufuk.