Struktur Aneh Berbentuk Huruf Ditemukan di Lapisan Atmosfer Bumi

Selasa, 02 Juli 2024 - 15:13 WIB
Struktur Aneh Berbentuk Huruf Ditemukan di Lapisan Atmosfer Bumi
Struktur Aneh di Lapisan Atmosfer Bumi. FOTO/ IFL Science
LONDON - Di bagian atas atmosfer bumi, di tepi ruang angkasa, terdapat lapisan yang disebut ionosfer. Di sana, atom dan molekul kehilangan elektron, sehingga bermuatan listrik.

Hal ini dipengaruhi oleh aktivitas di permukaan bumi dan juga oleh Matahari. Penemuan baru menunjukkan bahwa masih banyak yang bisa dipelajari tentang ionosfer, setelah ditemukannya struktur baru yang aneh.

Penemuan ini dimungkinkan oleh misi Global-scale Observations of Limb and Disk (GOLD) NASA. Misi ini menemukan beberapa formasi aneh di ionosfer yang berbentuk seperti huruf X dan C.

Struktur ini terkait dengan fenomena puncak dan gelembung yang sudah diketahui di ionosfer, tempat di mana plasma lebih terkonsentrasi dibandingkan area lain.

Struktur berbentuk X telah diamati sebelumnya dan diyakini sebagai hasil penggabungan puncak-puncak yang disebabkan oleh aktivitas kuat, seperti letusan gunung berapi besar atau peningkatan angin matahari (aliran partikel bermuatan dari Matahari) setelah semburan matahari atau pelepasan massa koronal. Namun, GOLD menunjukkan bahwa formasi berbentuk X ini juga dapat terjadi selama periode tenang.

"Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa penggabungan hanya terjadi selama kondisi geomagnetik terganggu - ini adalah fitur yang tidak terduga selama kondisi geomagnetik tenang," kata penulis utama Fazlul Laskar, dari Laboratorium Fisika Atmosfer dan Luar Angkasa (LASP) Universitas Colorado, dalam sebuah pernyataan seperti dilansir dari IFL Science, Selasa (2/7/2024).

Kehadiran formasi berbentuk X pada periode tenang menunjukkan bahwa ada proses lain yang terjadi. Model komputer menunjukkan bahwa pengadukan di atmosfer bagian bawah dapat menurunkan sebagian plasma, sehingga menyebabkan penggabungan puncak-puncak menjadi bentuk X bahkan ketika tidak ada gangguan besar.

"Bentuk X ini aneh karena menunjukkan bahwa ada faktor pendorong yang jauh lebih terlokalisasi," jelas Jeffrey Klenzing, ilmuwan di Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA.

"Diperkirakan terjadi selama peristiwa ekstrem, namun pengamatan selama 'waktu tenang' menunjukkan bahwa aktivitas atmosfer yang jauh lebih rendah juga dapat mendorong terbentuknya struktur ionosfer."

Penemuan ini memberikan wawasan baru tentang bagaimana ionosfer bekerja dan bagaimana ia dipengaruhi oleh berbagai faktor.

Hal ini juga dapat membantu meningkatkan prediksi cuaca luar angkasa, yang penting untuk operasi satelit dan infrastruktur lainnya.