Peninggalan Hominid Tertua di Eropa Bukti Penyebaran Manusia Purba

Selasa, 16 Juli 2024 - 23:21 WIB
loading...
Peninggalan Hominid...
Peninggalan Hominid Tertua di Eropa . FOTO/ IFL Science
A A A
JAKARTA - Penemuan kembali lima fosil di Spanyol tenggara menggeser penanda hominid tertua di Eropa.



Jika diverifikasi, penemuan ini memberikan bukti kuat untuk mendukung klaim bahwa anggota genus Homo pertama kali mencapai Eropa dengan melintasi perairan terbuka antara Maroko dan Gibraltar, menunjukkan tingkat kecanggihan teknologi yang sebelumnya diyakini muncul jauh kemudian.

Meskipun temuan ini mengejutkan, temuan ini konsisten dengan beberapa penemuan terbaru lainnya di seluruh dunia.

Sebelum spesies kita, Homo sapiens, muncul di Bumi, hominid lain telah menjelajahi keluar dari Afrika dan mendiami sebagian besar Asia dan Eropa.

Meskipun nenek moyang kita dan para penjelajah awal ini membuat alat-alat batu lebih dari satu juta tahun yang lalu, pada awalnya diasumsikan bahwa Eurasia dihuni secara eksklusif melalui perjalanan darat. Gagasan bahwa Homo erectus atau kerabat dekatnya dapat membuat perahu atau berenang jarak jauh dianggap tidak masuk akal.

Oleh karena itu, jika benar, rute ke Eropa kemungkinan besar melewati sebagian Asia dan sekitar Laut Hitam sebelum bergerak ke barat.

Penanggalan sisa-sisa dari Orce, Granada, yang berusia 1,3 juta tahun, bertentangan dengan asumsi ini, karena jauh lebih tua daripada sisa-sisa yang ditemukan di Eropa Timur atau Tengah.

Dr Lluis Gibert dari Universitas Barcelona adalah penulis utama upaya baru untuk menentukan usia fosil ini dengan menggunakan catatan magnetik dalam sedimen tempat fosil-fosil itu ditemukan.

Batuan magnet menyimpan catatan arah medan magnet bumi saat batuan itu terbentuk. Pembalikan kutub bumi yang terjadi secara berkala memungkinkan ahli paleontologi untuk menentukan usia batuan ini dengan lebih percaya diri daripada metode alternatif lainnya.

Paparan di wilayah Orce sangat ideal untuk ini, kata Gibert. "Keunikan dari situs-situs ini adalah bahwa mereka bertingkat dan tersusun dalam rangkaian sedimen yang sangat panjang, lebih dari delapan puluh meter. Biasanya, situs-situs ini ditemukan di dalam gua atau dalam rangkaian stratigrafi yang sangat pendek, yang tidak memungkinkan pengembangan rangkaian paleomagnetik yang panjang di mana Anda dapat menemukan pembalikan magnet yang berbeda," katanya dalam sebuah pernyataan.

Penemuan ini memiliki implikasi yang signifikan bagi pemahaman kita tentang evolusi manusia dan penyebarannya di luar Afrika.

Ini menunjukkan bahwa hominid awal jauh lebih mampu beradaptasi dan cerdas daripada yang diperkirakan sebelumnya, dan bahwa mereka mungkin telah menjelajahi laut jauh lebih awal daripada yang diyakini sebelumnya.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2238 seconds (0.1#10.140)