Astronot Berniat Bangun Bahtera Nuh di Bulan, Ini Tujuannya

Senin, 05 Agustus 2024 - 06:51 WIB
loading...
Astronot Berniat Bangun...
Bangun Bahtera Nuh di Bulan. FOTO/ DAILY
A A A
LONDON - Astronot siap membangu Bahtera Nuh untuk dibawa ke Bulan. Bahtera tersebut tersebut akan menjadi tempat biorepositori yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sampel beku spesies tertentu.



Tempat penyimpanan tersebut kemungkinan akan dibangun di kutub utara atau kutub selatan Bulan. Hal ini karena suhu di sini -200°C dan kawah menciptakan bayangan permanen.

Ini berarti tempat penyimpanan beku tersebut tidak memerlukan catu daya aktif karena akan ditenagai oleh suhu dingin.

Para ilmuwan dari beberapa universitas ternama di dunia, termasuk Harvard dan Smithsonian, sedang mengerjakan proyek tersebut.

Para ilmuwan ini telah mulai membuat protokol untuk penyimpanan di luar angkasa berdasarkan starry goby, sejenis ikan bertulang, menurut artikel yang diterbitkan dalam jurnal Oxford Academic BioScience.

Namun, mereka menghadapi beberapa masalah seperti bagaimana sampel beku dapat terlindungi selama perjalanan luar angkasa.

Sudah ada tempat penyimpanan beku seperti yang diusulkan di luar angkasa di Bumi, tempatnya di Svalbard, Norwegia.

Para ilmuwan mengatakan bahwa memiliki pangkalan lain di Bulan akan menjadi rencana cadangan yang bagus untuk pangkalan yang sudah ada di Bumi.

NASA juga tertarik pada kutub utara dan selatan Bulan karena memiliki es yang dapat membantu membangun koloni manusia di sana.

“Biorepositori semacam itu akan melindungi keanekaragaman hayati dan bertindak sebagai pelindung terhadap hilangnya keanekaragaman hayati yang terjadi karena bencana alam, perubahan iklim, penipisan sumber daya oleh populasi yang berlebihan, perang, ancaman sosial ekonomi, dan penyebab lain di Bumi,” tulis para ilmuwan seperti dilansir dari Metro.

“Fokus awal kami adalah pada kriopreservasi sampel kulit hewan dengan sel fibroblas.”

Mereka menambahkan bahwa biorepositori di Bulan yang berfungsi terutama akan dirancang untuk menampung ‘sampel hewan paling berisiko di Bumi yang hidup dan dikriopreservasi’.

“Ini adalah program yang berlangsung selama puluhan tahun,” tulis para ilmuwan.

“Mewujudkan biorepositori di Bulan akan membutuhkan kolaborasi oleh berbagai negara, kelompok budaya, lembaga, dan pemangku kepentingan internasional untuk mengembangkan penyimpanan sampel dan melindungi kehidupan di Bumi,''
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1681 seconds (0.1#10.140)