6 Rudal Iran Paling Mengerikan, Canggih dan Ditakuti Musuh!

Selasa, 06 Agustus 2024 - 14:43 WIB
loading...
6 Rudal Iran Paling...
6 Rudal Iran Paling Mengerikan. FOTO/ DAILY
A A A
JAKARTA - Ada banyak rudal Iran berkemampuan mumpuni yang ditakuti musuh-musuhnya. Dari berbagai jenisnya, di antaranya termasuk rudal balistik dan jelajah.



Saat ini, Iran menjadi salah satu negara dengan militer terkuat di Timur Tengah. Pada kekuatannya, mereka dikenal memiliki persenjataan rudal besar dan paling beragam di antara negara-negara tetangganya.

Mengutip MissileThreat, sejumlah rudal Iran bahkan dilaporkan mampu menyerang hingga Israel dan Eropa tenggara. Berikut ini daftarnya yang paling mematikan.

Rudal Iran Paling Mengerikan


1. Khorramshahr

Khorramshahr menyelesaikan uji coba pertamanya pada Januari 2017. Setelah itu, rudal balistik jarak menengah ini juga ditampilkan secara terbuka pada parade militer di Teheran sekitar September 2017.

Desain Khorramshahr kemungkinan didasarkan pada rudal Musudan (BM-25) milik Korea Utara. Teheran sendiri mengklaim bahwa rudal ini memiliki jangkauan 2.000 km dan mampu membawa hulu ledak seberat 1.500 kilogram.

Lebih jauh, rudal Khorramshahr dinamai berdasarkan salah satu kota di Iran yang menjadi lokasi pertempuran sengit selama Perang Irak-Iran pada 1980-an. Rudal ini diduga telah dipakai Iran dalam sebuah serangan ke Israel beberapa bulan lalu.

2. Emad

Emad merupakan pengembangan signifikan dalam program rudal Iran. Rudal ini diklaim mampu menjangkau target sekitar 1.700 km dan dibekali kapasitas muatan hingga 750 kg.

Pada pengembangannya, Emad menjadi salah satu varian terbaru dari rudal Shahab-3. Keberadaannya menjadi rudal balistik permukaan-ke-permukaan pertama Iran yang dipandu dengan presisi dan memiliki jarak tempuh jauh.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2311 seconds (0.1#10.140)