Sehari di Bumi Akan Menjadi 25 Jam, Ini Bukti Ilmiahnya

Minggu, 18 Agustus 2024 - 07:12 WIB
loading...
Sehari di Bumi Akan...
Bulan semakin jauh dari bumi. foto/ Daily
A A A
LONDON - Hari-hari di Bum i akan bertambah panjang karena Bulan secara bertahap semakin menjauh dari planet tempat tinggal manusia.



Para ilmuwan telah menemukan bahwa semakin jauh Bulan, maka terjadi perubahan tarikan gravitasi terhadap Bumi.

Kondisi itu menyebabkan rotasi bumi melambat sehingga mengakibatkan hari menjadi lebih panjang.

Mereka mengatakan bahwa satu hari di Bumi pada akhirnya akan memakan waktu 25 jam, namun mereka menyatakan bahwa hal itu akan memakan waktu sekitar 200 juta tahun.

“Saat Bulan semakin menjauh, Bumi bagaikan skater yang berputar lambat,” jelas ahli geosains AS Stephen Meyers sepeerti dilansi dari Daily Mail.

Saat ini Bulan berada sekitar 383.023 kilometer dari Bumi dan memerlukan sekitar 27,3 hari untuk menyelesaikan satu orbit. Fenomena ini dikenal sebagai periode orbit sinodis Bulan.

Penelitian menunjukkan bahwa Bulan memang bergerak menjauh dari Bumi dengan kecepatan rata-rata sekitar 3,81 sentimeter per tahun. Akibatnya, orbit Bulan akan semakin membesar, dan ini berarti waktu yang diperlukan untuk satu orbit akan menjadi sedikit lebih lama seiring waktu.

Namun, perubahan ini sangat kecil dan memerlukan waktu yang sangat lama untuk menjadi signifikan. Perubahan jarak ini mempengaruhi panjang hari di Bumi, karena daya tarik Bulan berperan dalam mengurangi kecepatan rotasi Bumi.

Seiring berjalannya waktu, hari di Bumi akan menjadi sedikit lebih lama, dan Bulan akan berada pada jarak yang lebih jauh. Tetapi efek ini terjadi dalam skala waktu yang sangat panjang, jadi meskipun dampaknya nyata, perubahan ini tidak segera terasa dalam kehidupan sehari-hari kita.

Bulan memang semakin menjauh dari Bumi. Proses ini terjadi karena adanya fenomena yang dikenal sebagai "penguraian pasang surut."

Ketika gaya gravitasi Bulan menarik air di lautan Bumi, ia juga memberikan efek pada rotasi Bumi, yang membuat Bumi berputar sedikit lebih lambat.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0994 seconds (0.1#10.140)