Tardigrada Bukti Kehidupan Organisme Purba yang Masih Hidup

Senin, 26 Agustus 2024 - 08:45 WIB
Tardigrada Bukti Kehidupan...
Tardigrada Bukti Kehidupan Organisme Purba. FOTO/ DAILY
MENLO PARK - Tardigrada yang terjebak dalam amber memberikan wawasan luar biasa tentang organisme mikroskopis purba dan kondisi lingkungan dari jutaan tahun lalu.

BACA JUGA - Gigi Manusia Purba Berusia Jutaan Tahun Ditemukan

Seperti dilansir dari IFL Science, Tardigrada, juga dikenal sebagai beruang air, adalah mikroskopis dan sangat tahan banting.

Penemuan tardigrada dalam amber ini membuka pintu untuk memahami lebih baik bagaimana mereka bertahan dan beradaptasi di masa lalu.
yang merupakan resin pohon yang membatu, berfungsi sebagai penjaga waktu yang sangat baik. Ia mengawetkan organisme dan materi lainnya dalam bentuk hampir utuh dari jutaan tahun lalu.

Tardigrada yang terjebak dalam amber memberikan gambaran langsung tentang bentuk dan struktur organisme ini pada masa lalu, serta tentang lingkungan tempat mereka hidup.

Dengan memeriksa tardigrada dalam amber, para ilmuwan dapat mempelajari spesies yang mungkin sudah punah atau yang memiliki sedikit informasi tentangnya.

Ini membantu dalam melacak evolusi tardigrada dan mengidentifikasi perbedaan atau kesamaan dengan spesies modern.

Amber sering mengandung elemen lain seperti serbuk sari, jamur, dan serangga. Menganalisis komponen ini bersama tardigrada dapat memberikan informasi tentang ekosistem purba tempat mereka hidup.

Manfaat: Ini memungkinkan peneliti untuk memahami perubahan iklim dan lingkungan dari waktu ke waktu.

Tardigrada dikenal karena kemampuannya untuk bertahan dalam kondisi ekstrem seperti radiasi, suhu ekstrim, dan kekurangan air. Memahami bagaimana mereka beradaptasi di masa lalu dapat memberikan wawasan tentang mekanisme ketahanan mereka.