Astronom Deteksi Cahaya Bintang Terbesar di Antariksa Meredup

Minggu, 01 September 2024 - 21:53 WIB
Astronom Deteksi Cahaya...
Astronom Deteksi Cahaya Bintang Terbesar di Antariksa Meredup
MILAN - Peredupan misterius Betelgeuse, yang menjadi sorotan bagi para astronom dan pengamat bintang, telah menarik banyak perhatian sejak fenomena tersebut terjadi.

BACA JUGA - Stonehenge untuk Mengenang Kematian Leluhur, Bukan Kalender Astronomi Kuno

Betelgeuse adalah bintang super raksasa merah yang terletak di konstelasi Orion, dan peredupan tak terduga yang dialaminya memang memicu berbagai spekulasi dan penelitian.

Seperti dilansir dari Science Alert, Betelgeuse adalah bintang variabel, yang berarti kecerahannya berubah seiring waktu. Ini adalah karakteristik umum dari bintang super raksasa merah, yang mengalami perubahan besar dalam ukuran dan kecerahan.

Betelgeuse dikenal memiliki siklus variabilitas dengan periode sekitar 2.170 hari (sekitar 6 tahun). Perubahan ini sering kali dikaitkan dengan proses internal bintang yang kompleks, seperti perubahan dalam lapisan atmosfernya.

Baru-baru ini, sebuah teori menarik muncul bahwa peredupan Betelgeuse bisa jadi disebabkan oleh adanya bintang pendamping dengan massa 1,17 massa Matahari.

Menurut teori ini, bintang pendamping ini mungkin berada dalam orbit yang cukup dekat dengan Betelgeuse (sekitar 2,43 kali radius Betelgeuse). Orbit ini bisa menyebabkan modulasi debu atau gangguan lain yang mengakibatkan variasi dalam kecerahan yang terlihat dari Bumi.

Jika bintang pendamping mengganggu lapisan atmosfer Betelgeuse atau memicu pembentukan debu di sekeliling bintang, ini bisa menyebabkan fluktuasi dalam cahaya yang kita amati.

Debu yang berada di jalur pandang kita bisa menyerap atau menyebarkan cahaya dari Betelgeuse, menciptakan efek peredupan.

Betelgeuse adalah salah satu bintang paling terang di langit malam dan terletak di "bahu" konstelasi Orion.

Nama Betelgeuse sendiri berasal dari bahasa Arab yang berarti "bahu sang raksasa" atau "ketiak sang raksasa", mencerminkan posisinya dalam konstelasi. Peredupan yang tampak bisa memberikan wawasan lebih dalam mengenai dinamika bintang super raksasa dan mekanisme variabilitas mereka.

Penelitian dan observasi lebih lanjut diperlukan untuk mengonfirmasi teori ini dan untuk memahami sepenuhnya penyebab di balik perubahan kecerahan Betelgeuse.

Sementara itu, Betelgeuse tetap menjadi objek yang sangat menarik bagi astronom amatir dan profesional, menawarkan peluang berharga untuk mempelajari fenomena bintang super raksasa.