Ilmuwan Temukan Predator Raksasa Misterius Memakan Hiu Berukuran Besar

Kamis, 05 September 2024 - 20:17 WIB
loading...
Ilmuwan Temukan Predator...
Hiu Berukuran Besar dimakan mahkluk misterius. FOTO/ DAILY
A A A
LONDON - Sekelompok ilmuwan yang mempelajari hiu porbeagle menemukan sesuatu yang mengerikan: seekor hiu betina yang sedang hamil dimakan oleh predator yang mengerikan.



Siapa pelaku utamanya? Hiu mako putih besar dan hiu mako sirip pendek yang reputasinya sudah ada sebelum hiu mako, tetapi penyelidikan pembunuhan ini menandai peristiwa pemangsaan hiu porbeagle pertama yang terdokumentasi di seluruh dunia.

Dalam kasus pemangsaan yang mengejutkan ini, para ilmuwan menemukan bahwa hiu porbeagle betina hamil yang dipasang pemancar dan tag pengarsipan satelit (PSAT) di perairan Cape Cod telah dimakan oleh predator yang lebih besar dan lebih menakutkan.

"Ketika hewan yang ditandai dimakan, Anda sering melihat pola dalam data yang menunjukkan terjadinya pemangsaan," kata penulis utama Dr Brooke Anderson , mantan mahasiswa pascasarjana di Arizona State University, kepada IFLScience.

"Ini termasuk perubahan dalam pola penyelaman yang direkam oleh tanda, karena sekarang melacak kedalaman predator."

Berdasarkan pola data yang dikumpulkan oleh tag, yaitu perubahan mendalam dan suhu tinggi serta stabil, peneliti menyimpulkan bahwa pelaku utama dalam peristiwa ini kemungkinan adalah hiu putih besar (Carcharodon carcharias).

Hiu putih besar dikenal sebagai predator puncak di laut dan memiliki reputasi sebagai pemangsa yang sangat efektif, termasuk terhadap hiu lain.

Hiu mako putih besar juga dikenal sebagai predator yang sangat cepat dan agresif, tetapi dalam konteks ini, hiu putih besar lebih mungkin menjadi pelaku utama.

Penemuan ini merupakan kejadian pemangsaan hiu porbeagle pertama yang terdokumentasi di seluruh dunia, yang menunjukkan bahwa hiu putih besar bisa menjadi ancaman serius bagi spesies hiu lainnya, terutama yang berukuran lebih kecil atau sedang hamil seperti hiu porbeagle dalam kasus ini.

Pentingnya temuan ini terletak pada peningkatan pemahaman kita tentang interaksi predator di laut, dan bagaimana teknologi seperti pemancar dan tag dapat memberikan wawasan yang berharga tentang dinamika ekosistem laut yang kompleks.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2912 seconds (0.1#10.140)