Kamera Citra Udara Ungkap Keberadaan Kota Hantu di Samudra Pasifik

Senin, 23 September 2024 - 17:43 WIB
loading...
Kamera Citra Udara Ungkap...
Kota Hantu di Samudra Pasifik. FOTO/ WION NEWS
A A A
MANILA - Kota hantu Nan Madol, yang tersembunyi di tengah Samudra Pasifik , dulunya memiliki jaringan teras irigasi yang memasok air tawar ke seluruh kota.



Survei udara dengan laser presisi telah mengungkap betapa majunya kota hantu Nan Madol saat pertama kali berdiri dan kota itu sekarang tersembunyi di tengah Samudra Pasifik.

Dikenal juga sebagai 'Venesia dari Pasifik', kota batu megalitik ini terkadang dibandingkan dengan Atlantis yang mistis dan kini para peneliti tengah mengerahkan seluruh energi mereka untuk mengungkap reruntuhan Nan Madol saat mereka mengadopsi rencana untuk melestarikannya sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Survei udara yang dilakukan dengan menggunakan pemetaan laser LiDAR atau 'Light Detection and Ranging' mengungkap "bentang alam fitur budidaya yang canggih dan luas yang tersembunyi di bawah vegetasi Pulau Temwen."

Penemuan ini menulis ulang sejarah budaya Kepulauan Pasifik dan menjelaskan bagaimana masyarakat, yang diyakini bergantung pada kekayaan alam tropis dan penangkapan ikan untuk memenuhi kebutuhan hidup, benar-benar terlibat dalam perencanaan pertanian yang canggih.

Tim peneliti internasional mencatat bahwa "LiDAR dapat mengungkap seluruh bentang alam arkeologi yang tersembunyi di bawah vegetasi lebat. Hal itu telah menyebabkan perbandingannya dengan penanggalan radiokarbon sebagai kemajuan teknologi yang luar biasa dalam arkeologi."

Para ilmuwan, yang dipimpin oleh Yayasan Penelitian dan Pengelolaan Situs Budaya (CSRM) Baltimore , memetakan jaringan teras irigasi yang dulunya memasok air tawar di Nan Madol dan di dedaunan tropisnya yang lebat tempat masih banyak reruntuhan yang tersembunyi.

Para arkeolog meyakini bahwa Nan Madol merupakan kota terkemuka dari tahun 1100 hingga 1628 M dan kemundurannya dimulai dengan jatuhnya raja-raja Saudeleur setempat pada abad ke-17.

Kepala proyek Dr. Douglas Comer berkata, "Konsensus di antara para arkeolog adalah bahwa tidak ada intensifikasi pertanian di Mikronesia melalui sistem lapangan formal."

Tim Dr. Comer, saat bekerja sama dengan Perguruan Tinggi Mikronesia setempat, bersama dengan Stanford, Laboratorium Nasional Sandia, dan lain-lain, telah mempertanyakan gagasan lama tentang budaya mana yang tumbuh subur dengan 'sukun' (Artocarpus altilis) yang difermentasi.

Dalam rilis Departemen Luar Negeri AS, ia mengatakan bahwa "sistem irigasi yang sangat rumit yang meliputi pulau Temwen" mengisyaratkan keberadaan pertanian akar talas yang awal dan canggih.

“Kompleksitas tersebut sesuai dengan apa yang diamati pada gambar LiDAR Temwen,” katanya.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1850 seconds (0.1#10.140)