Samudra Atlantik Meluas, Ini Penyebabnya

Sabtu, 26 Agustus 2023 - 09:16 WIB
Samudra Atlantik Meluas, Ini Penyebabnya
Luas Samudra Atlantik bertambah tiap tahun. (Foto: Business Insider)
JAKARTA - Luas Samudra Atlantik makin bertambah setiap tahunnya. Para peneliti akhirnya menemukan alasannya.

Peta Observatorium Bumi NASA versi buatan Joshua Stevens memerlihatkan lempeng tektonik di bawah Amerika, Eropa, dan Afrika terpisah seiring dengan semakin luasnya Samudra Atlantik.

Sebuah studi pada 2021 menunjukkan bahwa material panas yang tidak biasa, yang terletak 410 mil di bawah tanah, naik dan memaksa lempeng-lempeng tersebut terpisah.

“Inilah yang membuat hasil ini menarik karena benar-benar tidak terduga,” kata seorang pakar dilansir dari Business Insider, Sabtu (26/8/2023).

Proses itulah yang membuat Samudra Atlantik bertambah lebar 1,5 inchi setiap tahunnya. Lantaran lempeng tektonik yang menopang benua Amerika terpisah dari lempeng tektonik di bawah Eropa dan Afrika.

Namun bagaimana dan mengapa hal ini terjadi masih menjadi misteri bagi para ilmuwan, karena Atlantik tidak memiliki lempeng subduksi yang padat seperti yang dimiliki Pasifik.

Sebuah studi pada 2021 yang diterbitkan dalam jurnal Nature menunjukkan bahwa kunci perluasan Atlantik terletak di bawah barisan pegunungan bawah laut yang besar di tengah lautan.

Kumpulan puncak yang sebagian besar berada di bawah laut dikenal sebagai Punggung Bukit Atlantik Tengah (Mid-Atlantic Ridge/MAR), memisahkan wilayah Utara. Lempeng Amerika dari Lempeng Eurasia, dan Lempeng Amerika Selatan dari Lempeng Afrika. Kumpulan sebagian besar puncak bawah laut, yang dikenal sebagai Punggung Bukit Atlantik Tengah (MAR), memisahkan lempeng Amerika Utara dari lempeng Eurasia, dan lempeng Amerika Selatan dari lempeng Afrika.

Para peneliti menemukan bahwa material dari dalam bumi naik ke permukaan di bawah MAR, mendorong lempeng di kedua sisi celah tersebut. Para peneliti di balik penelitian ini menemukan bahwa material dari dalam bumi naik ke permukaan di bawah MAR, mendorong lempeng di kedua sisi celah tersebut dan mengakibatkan dasar laut Atlantik menyebar.