Jumlah Bintang di Langit Tiba-tiba Berkurang Seratus

Kamis, 26 September 2024 - 16:09 WIB
Jumlah Bintang di Langit...
Bintang di Langit . FOTO/ BBC
NEW YORK - Sekitar 100 bintang di langit menghilang dalam misteri kosmik yang membuat para astronom bingung. Penyebabnya masih belum jelas, namun fenomena membingungkan mulai muncul pada tahun 2019.

Cahaya bintang bisa meredup atau bintang meledak, namun biasanya tidak hilang begitu saja tanpa bekas.

Dengan menggunakan perangkat lunak yang canggih, tim peneliti mengidentifikasi sekitar 150.000 sumber cahaya di luar angkasa tetapi telah menghilang selama beberapa dekade.

Mereka kemudian memfilter gambar tersebut dan mempersempitnya menjadi 100 bintang yang kemudian ditemukan hilang.

Seperti dilansir dari Daily Start, Tim peneliti mengajukan teori bahwa benda hilang tersebut sebenarnya adalah asteroid.

Teori menarik lainnya menyatakan bahwa bintang-bintang tidak meledak dalam fenomena yang disebut supernova yang memancarkan cahaya sangat terang, melainkan menghilang ke dalam lubang hitam.

“Kehilangannya sangat total sehingga tidak terjadi ledakan,” kata astronom Alejandro Vigna-Gomez.

Gerry Gilmore, astronom dan guru besar di Universitas Cambridge, Inggris, yang terlibat dalam proyek Gaia, yang antara lain memetakan langit dan menghitung jumlah bintang di Bima Sakti, galaksi tempat kita berada.

Dari data yang dikumpulkan, tim Gaia menyusun model tiga dimensi Bima Sakti, untuk menentukan jumlah bintang di galaksi ini.

Gilmore mengatakan berdasarkan data pertama, ada sekitar dua miliar bintang di Bima Sakti.

"Itu sekitar 1% dari total bintang di galaksi ini," kata Gilmore kepada BBC.

Berdasarkan data ini, jika 1% setara dengan dua miliar bintang, maka jumlah keseluruhan bintang di Bima Sakti bisa jadi adalah 200 miliar bintang.

Bima Sakti adalah satu dari beberapa jenis galaksi yang kita kenal. Hampir semua galaksi di alam raya ini memiliki jumlah bintang yang kira-kira sama dengan jumlah bintang yang ada di Bima Sakti, kata Profesor Gilmore.