Manusia Bisa Berubah Jadi Hijau dan Buta saat Tinggal di Mars

Minggu, 29 September 2024 - 14:58 WIB
Manusia Bisa Berubah...
Planet Mars. FOTO/ DAILY
LONDON - Ahli biologi Dr Scott Solomon memperingatkan bahwa manusia akan merasa sangat sulit untuk bertahan hidup di Mars di tengah kondisi yang keras dan dapat mengalami mutasi.

Bagi peradaban manusia, menciptakan rumah di Mars merupakan mimpi yang jauh dari kenyataan karena para ilmuwan berharap dapat menjadikan Planet Merah sebagai habitat bagi manusia di masa depan.

Namun, mimpi ini tampaknya sulit dicapai mengingat kondisi brutal di planet ini, yang menurut para ahli dapat mengubah warna manusia dan melemahkan penglihatan mereka.

Menurut para ahli, manusia akan merasa sangat sulit untuk bertahan hidup di Mars di tengah kondisi yang keras.

Para ahli memperingatkan adanya mutasi drastis pada manusia di Mars. Menurut ahli biologi Dr. Scott Solomon, yang berasal dari Universitas Rice di Texas, jika pemukim manusia di Mars melahirkan anak, anak tersebut kemungkinan akan mengalami berbagai mutasi drastis dan perubahan evolusi.

Mutasi ini dapat terjadi karena gaya gravitasi rendah dan radiasi tinggi dan dapat mengakibatkan warna kulit hijau, otot lemah, penglihatan buruk dan tulang rapuh, katanya.

Dibandingkan dengan Bumi, Mars adalah planet yang lebih kecil dan memiliki gravitasi 30 persen lebih rendah daripada planet kita.

Planet merah juga tidak memiliki lapisan ozon pelindung dan medan magnet, yang mengakibatkan planet tersebut terpapar radiasi luar angkasa, sinar kosmik, sinar UV, dan partikel bermuatan yang dilepaskan dari matahari.

Lingkungan seperti ini telah menyebabkan manusia bermutasi pada tingkat yang ekstrem sehingga mereka dapat mengatasi kondisi baru.

Dr Solomon menjelaskan bahwa hal ini dapat menyebabkan perubahan pada warna kulit, yang dapat membantu mengatasi radiasi.

Tonton: Apakah ada kehidupan di Mars? Ilmuwan temukan 'lautan' air bermil-mil di bawah permukaan

"Mungkin dalam menghadapi radiasi tinggi ini, kita dapat mengembangkan beberapa jenis pigmen kulit baru untuk membantu kita menghadapi radiasi tersebut," jelas Solomon dalam bukunya, Future Humans ."Mungkin kita akan mendapatkan manusia hijau kita sendiri," imbuhnya.

Ia lebih lanjut mengatakan bahwa kurangnya gravitasi dapat menyebabkan tulang menjadi rapuh, yang dapat mematahkan panggul wanita saat melahirkan.

Ia mengatakan bahwa penglihatan dapat melemah karena berkurangnya kebutuhan untuk melihat jarak jauh akibat manusia yang hidup bersama dalam kelompok-kelompok kecil.