Belum Terpecahkan! Misteri Batu Hidup yang Dapat Tumbuh dan Bergerak

Senin, 30 September 2024 - 06:27 WIB
loading...
Belum Terpecahkan! Misteri...
Batu Trovant ditemukan di desa Coste?ti, sekitar 50 mil barat Bucharest, Rumania. Foto/Newsweek
A A A
JAKARTA - Keajaiban alam batu hidup di Rumania hingga kini masih belum terpecahkan. Batu -batu ini terbukti dapat tumbuh, bergerak bahkan beranak-pinak.

Para ilmuwan menyebut batu hidup ini dengan istilah batu Trovant. Benda ini terutama ditemukan di desa Costești, sekitar 50 mil barat Bucharest, Rumania. Alhasil batu-batu ini telah memicu rasa ingin tahu dan kekaguman selama berabad-abad.

Dilansir dari Times of India, Senin (30/9/2024) Trovant bukanlah batu biasa. Ukurannya berkisar dari kerikil kecil hingga batu besar, beberapa mencapai ketinggian hingga 4,5 meter.

Belum Terpecahkan! Misteri Batu Hidup yang Dapat Tumbuh dan Bergerak


Batu-batu ini sebagian besar terdiri dari inti batu keras yang dikelilingi oleh pasir yang membentuk kulit luarnya. Yang membedakannya adalah kemampuannya untuk tumbuh dan mengubah bentuk seiring waktu, sebuah fenomena yang telah membuat penduduk setempat menyebutnya sebagai batu hidup.



Pertumbuhan Trovant diduga terkait dengan komposisi unik dan kondisi lingkungan tempat ditemukannya. Saat hujan, mineral dalam air hujan berinteraksi dengan bahan kimia yang sudah ada dalam batu. Interaksi ini menciptakan reaksi tekanan di dalam batu, menyebabkannya mengembang dan tumbuh. Tingkat pertumbuhannya lambat, dengan laju pengendapan yang diperkirakan sekitar 4 hingga 5 sentimeter setiap 1.000 tahun.

Belum Terpecahkan! Misteri Batu Hidup yang Dapat Tumbuh dan Bergerak


Kemampuan Trovant untuk bereproduksi adalah aspek menarik lainnya. Setelah hujan lebat, batu-batu yang lebih kecil, yang dikenal sebagai mikrotrovant, dapat terbentuk di permukaan batu yang lebih besar. Batu-batu yang lebih kecil ini akhirnya terlepas dan terus tumbuh secara mandiri. Proses ini telah menyebabkan kepercayaan bahwa Trovant dapat melahirkan batu-batu baru, menambah mistiknya.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2284 seconds (0.1#10.140)