Trovant Batu Misterius yang Bisa Membesar dan Bergerak Usik Ilmuwan Geologi

Selasa, 17 Januari 2023 - 19:52 WIB
loading...
Trovant Batu Misterius yang Bisa Membesar dan Bergerak Usik Ilmuwan Geologi
Trovant Batu Misterius di sebuah desa kecil di Rumania, Costesti yang sekarang menjadi sebuah situs yang dinamai Trovanti Museum Natural Reserve . FOTO/ DAILY
A A A
COSTESTIS - Trovants merupakan batu misterius yang terdapat disebuah desa di Costestis, Rumania. Batu ini merupakan fenomena geologi yang sangat aneh dan mengerikan.

Bagaimana tidak batu ini bisa tumbuh menjadi besar dan berpindah tempat, dari satu tempat ke tempat yang lain.

BACA JUGA - Ini Dia Batuan Luar Angkasa Sang Pembunuh Dinosaurus

Trovant, bisa ditemukan di sebuah desa kecil di Rumania, Costesti yang sekarang menjadi sebuah situs yang dinamai Trovanti Museum Natural Reserve (kordinat: 45°08′15.4″N 24°04′07.1″E).

Kata trovant sendiri merupakan sinonim untuk istilah Sandsteinkonkretionen dalam bahasa Jerman, yang berarti batuan pasir yang mengeras.

Seperti dilansir dari Daily Mail Selasa (17/1/2023), batu-batu ini muncul di bumi setelah terjadi aktivitas seismik yang kuat, fenomena tersebut telah terjadi 6 juta tahun yang lalu!

Batu Trovant akan terus tumbuh ketika mereka terkena air.Trovant berukuran enam sampai delapan milimeter bisa tumbuh sampai enam sampai sepuluh meter.

Yang lebih menarik lagi, jika memotong batu setengahnya, makan akan terlihat lingkaran usia seperti layaknya pohon. Namun, ini merupakan batu bukan tanaman.

Para ahli geologi mencoba menjelaskan tentang pertumbuhan batu Trovants ini dengan tingginya kandungan garam mineral yang ada dibatu ini.

Ketika batu ini basah, bahan kimia ini memperluas dan menempatkan tekanan pada bagian tertentu yang membuat batu Trovants tumbuh.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2136 seconds (10.177#12.26)