Mikroba Berusia Miliaran Tahun Ditemukan di dalam Batu

Senin, 07 Oktober 2024 - 17:02 WIB
loading...
Mikroba Berusia Miliaran...
Mikroba Berusia Miliaran Tahun. FOTO/ WION NEWS
A A A
CAFE TOWN - Sekelompok ilmuwan menemukan mikroba tertua yang masih hidup di dalam batu berusia dua miliar tahun yang terkubur hampir 50 kaki di bawah tanah.

BACA JUGA - Karena Perubahan Iklim, Mikroba Mematikan Terlepas ke Alam Bebas

Seperti dilansir dari Rideapart, Temuan ini menunjukkan bahwa retakan batu yang tertutup rapat telah menjadi tempat kehidupan tertua yang diketahui dalam kondisi seperti itu.

Sampel berukuran satu kaki digali di bawah Kompleks Igneus Bushveld Afrika Selatan dan 1,9 miliar tahun lebih tua dari pemegang rekor mikroba sebelumnya.

Sebuah tim di Departemen Ilmu Bumi dan Planet Universitas Tokyo membuat penemuan tersebut dan menerbitkan temuan tersebut dalam jurnal Microbial Ecology pada tanggal 2 Oktober.

Tim yang sama juga telah mengonfirmasi bentuk kehidupan tertua yang diketahui sebelumnya pada tahun 2020.

"Kami tidak tahu apakah batuan berusia 2 miliar tahun itu dapat dihuni... jadi ini adalah penemuan yang sangat menarik," kata Yohey Suzuki, penulis utama studi tersebut dan profesor madya di Sekolah Pascasarjana Sains Universitas Tokyo, dalam sebuah pernyataan.

Para peneliti menggunakan metodologi sebelumnya untuk menentukan usia dan asal usul suatu organisme dan mengembangkannya untuk menemukan mikroba yang tidak diketahui.

Mereka perlu mencari tahu apakah kehidupan mikroba yang ditemukan sebenarnya setua yang ditunjukkannya, atau apakah terkontaminasi selama penggalian dan analisis.

Mereka menggabungkan tiga jenis pendekatan pencitraan, mikroskop elektron, mikroskop fluoresensi, dan spektroskopi inframerah, untuk melakukannya.

Para ilmuwan mengatakan bahwa habitat mereka kemungkinan telah membantu mereka hidup lebih lama daripada bentuk kehidupan lain di Bumi.

Terletak di timur laut Afrika Selatan, Bushveld Igneous Complex (BIC) berada di wilayah seluas sekitar 41.000 mil persegi yang dikenal dengan endapan bijih yang kaya. Kompleks ini juga diperkirakan memiliki 70 persen dari semua platinum yang ditambang.

Magma vulkanik mendingin miliaran tahun lalu di bawah permukaan Bumi di wilayah setebal 5,6 mil. Wilayah ini tidak berubah sejak saat itu, tetapi memiliki celah-celah kecil tempat kehidupan mikroba berkumpul dengan rapat.

Kemudian, endapan tanah liat menutup celah-celah tersebut dan menjebak organisme kecil di dalamnya. Tidak ada yang bisa masuk karena hal ini.

Hal ini membantu kehidupan mikroba untuk terus stabil pada kecepatan yang sangat lambat tanpa menyaksikan perubahan evolusi apa pun.
(wbs)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3309 seconds (0.1#10.140)