Goliath Manusia Raksasa yang Identik dengan Umat Nabi Daud

Minggu, 13 Oktober 2024 - 13:50 WIB
Goliath Manusia Raksasa...
Ilustrasi Goliath Manusia Raksasa. FOTO/ Freepik
JAKARTA - Semua yang terjadi di muka bumi ini telah dituliskan di dalam Al Quran, baik sebelum diciptakan hingga akhir zaman nanti. Termasuk juga Kaum Ad manusia raksasa umat Nabi Daud AS.

Goliath menjadi simbol kekuatan dan ukuran raksasa dalam Alkitab, tinggi Goliath digambarkan bervariasi antara 2 hingga hampir 3 meter.

Ini tentunya menarik perhatian ilmuwan dan dokter yang penasaran tentang kondisi medis yang bisa menjelaskan ukuran luar biasa ini.

Salah satu penjelasan medis adalah akromegali, kondisi yang disebabkan oleh kelebihan hormon pertumbuhan.

Akromegali bisa membuat seseorang tumbuh jauh lebih tinggi dari ukuran normal, seperti yang terjadi pada Robert Wadlow, manusia tertinggi yang pernah tercatat.

Namun, apakah Goliath benar-benar menderita akromegali? Tidak ada bukti langsung, tetapi ini adalah teori yang menarik.

Di lapangan arkeologi, temuan dari wilayah kuno Filistin menunjukkan bahwa orang-orang Filistin memang bisa memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari rata-rata.

Namun, penemuan-penemuan ini tidak memberikan ukuran pasti untuk Goliath, hanya indikasi bahwa orang Filistin mungkin lebih tinggi daripada tetangganya.

Penyelidikan genetika juga memberikan petunjuk bahwa Goliath bisa saja berasal dari keluarga dengan mutasi genetik yang menyebabkan pertumbuhan abnormal.