NASA Siap Pasukan untuk Selamatkan Bumi dari Serangan asteroid

Minggu, 20 Oktober 2024 - 06:54 WIB
NASA Siap Pasukan untuk...
NASA siap selamatkan bumi. FOTO/ DAILY
NEW YORK - Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional ( NASA ) berencana menggunakan 1.000 pesawat ruang angkasa dan ledakan nuklir untuk melindungi Bumi dari serangan asteroid.

NASA membuat rencana tersebut berdasarkan pengetahuan mereka tentang asteroid yang memusnahkan dinosaurus 66 juta tahun lalu.

Seperi dilansir dari The Sun, hal ini dituangkan dalam Strategi dan Rencana Aksi Kesiapsiagaan Nasional.

Administrator NASA Bill Nelson berkata: "NASA berkomitmen untuk melindungi Bumi dari asteroid dan komet yang berpotensi berbahaya."

Ledakan nuklir juga merupakan metode lain yang tersedia untuk melindungi bumi.

Badan milik AS tersebut mengatakan pihaknya berencana mengerahkan sebanyak 1.000 pesawat ruang angkasa yang dirancang untuk menabrak asteroid dan mengubah lintasannya.

Sebelumnya, NASA berhasil mendemonstrasikan teknik tersebut pada tahun 2022 yang membuktikan bahwa Bumi memiliki pertahanan yang mumpuni terhadap ancaman dari luar angkasa.

Ratusan meteorit yang berasal dari lima kawah di Mars kemungkinan akan menghantam Bumi, menurut penelitian terbaru.

Ini merupakan penemuan penting karena mengungkapkan bagaimana puing-puing dari planet merah bisa sampai ke Bumi melalui peristiwa tumbukan besar di Mars.

Seperti dilansir dari Wion News, Mars pernah mengalami beberapa tumbukan hebat yang cukup kuat untuk melepaskan puing-puing dari permukaannya ke luar angkasa.

Tumbukan ini menyebabkan material dari kawah-kawah di Mars terlempar ke orbit di sekitar Matahari. Setelah terlempar dari Mars, puing-puing tersebut melintasi ruang angkasa dalam orbit yang berbeda. Selama perjalanan mereka, beberapa puing-puing ini akhirnya memasuki atmosfer Bumi.

Meteorit yang berhasil bertahan dari perjalanan melalui atmosfer Bumi akan jatuh ke permukaan Bumi dan dapat ditemukan oleh para ilmuwan.