Awas Air Laut Naik, 6,4 Triliun Ton Es Greenland dan Antartika Cair

Jum'at, 11 September 2020 - 00:05 WIB
loading...
Awas Air Laut Naik, 6,4 Triliun Ton  Es Greenland dan Antartika Cair
Greenland dan Antartika kehilangan 6,4 triliun ton es antara 1992 dan 2017. FOTO/ IST
A A A
CALIFORNIA - Sebuah studi terbaru menyebut adanya pencarian lapisan es yang meningkat di Greenland dan Antartika. .(Baca juga: Huawei Mate 40 Pro Gunakan Lensa Depan Sony IMX 588 + IMX 516 )

Studi yang dipublikasikan di Nature Climate Change, membandingkan hasil neraca massa lapisan es dari pengamatan satelit dengan proyeksi dari model iklim. (Baca juga: Van Gaal Jujur, Ngaku Baru Sekarang Suka Nonton Italia Bermain )

Sejak pemantauan sistematis lapisan es dimulai pada awal 1990-an, Greenland dan Antartika kehilangan 6,4 triliun ton es antara 1992 dan 2017. Kejadian ini mendorong permukaan laut global naik 17,8 milimeter.

Jika laju ini terus berlanjut, lapisan es diperkirakan akan menaikkan permukaan laut lebih jauh 17 cm dan mengakibatkan akan lebih banyak kawasan pesisir terendam.

Penulis utama studi dan peneliti iklim di Center for Polar Observation and Modeling di University of Leeds, Tom Slater, mengatakan, satelit adalah satu-satunya cara mereka untuk memantau secara rutin area yang luas dan terpencil ini.

Jadi satelit sangat penting dalam memberikan pengukuran yang dapat kita gunakan untuk memvalidasi model lapisan es.

“Pengamatan satelit tidak hanya memberi tahu kami seberapa banyak es yang hilang, tetapi juga membantu kami mengidentifikasi dan memahami bagian Antartika dan Greenland bagian mana yang kehilangan es dan melalui proses apa - keduanya merupakan kunci dalam membantu kami meningkatkan model lapisan es," ujarnya dikutip dari laman resmi Badan Antariksa Eropa (ESA), Kamis (10/9/2020).

Marcus Engdahl dari ESA menambahkan, pengamatan satelit menunjukkan bahwa lapisan es bereaksi sangat cepat terhadap perubahan lingkungan.

"Sangat penting bagi para ilmuwan untuk memiliki akses ke data dari misi satelit masa depan yang dapat mengamati daerah kutub , misalnya, misi kandidat Copernicus prioritas tinggi berikutnya CRISTAL, ROSE-L dan CIMR," tuturnya.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1194 seconds (0.1#10.140)