Airbus Perkenalkan Konsep Pesawat Bermesin Hybrid

Jum'at, 02 Oktober 2020 - 13:53 WIB
loading...
Airbus Perkenalkan Konsep Pesawat Bermesin Hybrid
Ada tiga konsep berbeda yang diluncurkan Airbus, yakni Turbofun, Turboprop, dan Blended-Wing. Masing-masing konsep merupakan pesawat yang ditenagai hidrogen hybrid. Foto/Ist
A A A
TOULOUSE - Airbus baru saja meluncurkan konsep pesawat terbang dengan zero-emisi . Konsep pesawat terbang masa depan itu dinamakan ZEROe. (Baca juga: iPhone SE 2 Resmi Dijual di Indonesia, Tertarik? Bisa Dicicil Rp300.000-an )

Ada tiga konsep berbeda yang diluncurkan Airbus, yakni Turbofun, Turboprop, dan Blended-Wing. Masing-masing konsep merupakan pesawat yang ditenagai hidrogen hybrid.

Pada Airbus Turbofun, konsep yang digunakan adalah ditopang dengan dua mesin hybrid. Pesawat ini mampu terbang dengan kecepatan hingga 822 km/jam.

Turbofun merupakan jenis pesawat besar. Sebab dirancang agar bisa menampung lebih dari 200 penumpang dalam sekali penerbangan.

Kemudian konsep Airbus Turboprop. Sesuai namanya, pesawat ini menggunakan dua mesin hybrid turboprop dan dilengkapi dengan delapan baling-baling.

Pesawat mampu melaju dengan kecepatan 611 km/jam. Bahkan diklaim bisa menempuh perjalanan hingga 1.852 km.

Terakhir, Airbus Blended-Wing. Dari ketiganya, konsep inilah yang paling menarik. Blended-Wing dibekali dua mesin turbofun, lengkap dengan banyak pilihan tempat untuk penyimpan dan mendistribusikan hidrogen.

Karena memakai mesin yang sama dengan konsep pertama, pesawat ini juga mampu melaju dengan kecepatan 822 km/jam. Selain itu, Blended-Wing juga dapat menampung lebih dari 200 penumpang dengan nyaman.

Melansir dari laman resmi Airbus, Jumat (2/10/2020), ketiga konsep pesawat dari perusahaan asal Prancis tersebut bisa mengudara pada 2035. (Baca juga: Polisi Heran, Tak Ada Suara dan Bekas saat Cai Changpan Gali Lubang )
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1481 seconds (0.1#10.140)