Nanopartikel Seng Dioksida Terbukti Mampu Mengurangi Bau kaki

Sabtu, 31 Oktober 2020 - 15:46 WIB
loading...
Nanopartikel Seng Dioksida Terbukti Mampu Mengurangi Bau kaki
Bau kaki sering menyebabkan seseorang kehilangan rasa percaya diri. DOK/IST
A A A
Jakarta - Bau kaki sering menjadi penyebab kurang percaya diri atau malunya seseorang saat berkunjung ke rumah teman atau saudara. Sebagian besar penyebab bau kaki karena bakteri dan kondisi lembab pada kaus kaki.

Kali ini, Royal Thai Air force telah mengembangkan kaus kaki berlapis nanopartikel seng dioksida (ZnO-NPs) yang dapat mencegah bromodosis (bau kaki) dan keratolisis diadu (infeksi bakteri penyebab kaki bau). Para peneliti melakukan uji coba di Rumah Sakit Siriraj, Universitas Mahidol di Thailand.

Baca juga : Keren, NASA Membuat Base Camp di Bulan untuk Para Astronot

Penelitian ini mengungkapkan bahwa khasiat antibakteri ZnO-NP dapat dimasukkan ke dalam tekstil. Ini yang digunakan para peneliti untuk mencegah bau kaki tidak sedap.

Uji coba dilakukan secara tersamarkan, acak dan terkontrol pada 148 calon perwira di Pusat Pendidikan Angkatan Laut Thailand. Bromodosis dan keratolisis diadu adalah keluhan umum pada personel militer yang terjadi pada sepertiga anggota angkatan laut di Thailand.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kaus kaki berlapis ZnO-NP dapat mengurangi bau kaki secara signifikan. Ini terjadi saat membandingkan antara kelompok yang menggunakan kaus kaki tanpa pelapis dengan kelompok yang kaus kakinya berlapis ZnO-NP.

Penelitian ini adalah hasil dari pengalaman langsung peneliti, Dr. Punyawee Ongsri, saat menjalani tes calon perwira. Dia melihat ada masalah dengan personel militer saat bekerja di departemen medis angkatan laut.

"Saat menyelesaikan magang sebagai perwira angkatan laut di departemen medis, saya melihat banyak sekali infeksi kaki pada personel militer. Saya ingin menemukan cara untuk mencegah dan mengobati infeksi jamur dan bakteri ini, serta kondisi yang terkait," kata Ongsri, dikutip dari Scitechdaily.

Ongsri bercerita bagaimana sifat antibakteri nanopartikel seng dioksida dapat melawan bau kaki. Sejak itu mulai dilakukan penelitian tentang sifat antibakteri.

"Profesor saya, Dr. Bunyaratavej, Dr. Leeyaphan, dan tim peneliti kami ingin menguji keefektifan teknologi baru ini dalam lingkungan kehidupan nyata," tambahnya.

Baca juga : Meskipun Perubahan Iklim Dikendalikan, Es Antartika Akan Terus Mencair

Tim peneliti akhir membuktikan bahwa ZnO-NP sangat efektif dalam mencegah bromodosis dan menghambat perkembangan keratolisis berlubang. Kaus kaki ini dapat memberikan opsi pencegahan utama baru bagi personel militer dan mereka yang rentan terhadap kondisi bau kaki tidak menyenangkan.

"Kami melanjutkan penelitian kami dengan tekstil lain dan berharap dapat mengobati serta mencegah pertumbuhan infeksi bakteri dan jamur," kata perwira angkatan laut.
(fan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1958 seconds (0.1#10.140)