Rabu, 11 November 2020 - 18:19 WIB
8 Destinasi Keren yang Bisa Dijelajahi Wisatawan Super Tajir di Planet Mars
Bagi para penjelajah luar angkasa, dalam hal ini, wisatawan supertajir, ada beberapa lokasi yang bisa mereka kunjungi saat menjelajah Planet Mars. Foto/Ist
JAKARTA - Banyak negara mulai mengalihkan perhatiannya dari Bulan ke Mars guna mencari planet alternatif bagi umat manusia. Planet ini kondisinya sangat kontras, ada gunung berapi besar, ngarai yang dalam, dan kawah yang mungkin menampung air yang mengalir atau tidak. (Baca juga: Ellon Musk Ungkap SpaceX Sudah Siapkan Starship Rute Bumi - Planet Mars PP )

Jika terbukti layak huni, maka sejumlah tempat akan menjadi lokasi yang luar biasa untuk dijelajahi oleh para wisatawan luar angkasa di masa depan. Dilansir dari Space.com, terdapat delapan (8) lokasi yang bisa dikunjungi oleh wisatawan luar angkasa di masa depan.

1. Olympus Mons

Foto/Tim Sains NASA/MOLA

Olympus Mons adalah gunung berapi paling ekstrim di tata surya. Terletak di wilayah vulkanik Tharsis, ukurannya hampir sama dengan negara bagian Arizona, menurut NASA. Tingginya yang mencapai 16 mil (25 kilometer) membuatnya hampir tiga kali tinggi Gunung Everest di Bumi, yang tingginya sekitar 5,5 mil (8,9 km).

Olympus Mons adalah gunung berapi perisai raksasa, yang terbentuk setelah lava perlahan merayap menuruni lerengnya. Ini berarti bahwa gunung tersebut mungkin mudah bisa didaki oleh penjelajah masa depan, karena kemiringan rata-rata hanya 5%.

Di puncaknya terdapat depresi spektakuler selebar 85 kilometer, yang dibentuk oleh ruang magma yang kehilangan lava (kemungkinan besar selama letusan) dan runtuh.

2. Gunung Berapi Tharsis

Gunung berapi Tharsis. Foto/NASA/JPL

Saat Anda mendaki di sekitar Olympus Mons, ada baiknya Anda melihat-lihat beberapa gunung berapi lain di wilayah Tharsis. Menurut NASA, Tharsis menampung 12 gunung berapi raksasa di zona selebar sekitar 2.500 mil (4.000 km). Seperti Olympus Mons, gunung berapi ini cenderung lebih besar daripada yang ada di Bumi. Hal ini mungkin terjadi karena Mars memiliki tarikan gravitasi yang lebih lemah yang memungkinkan gunung berapi tumbuh lebih tinggi.

Gunung berapi ini mungkin telah meletus selama dua miliar tahun, atau setengah dari sejarah kehadiran Mars. Gambar di sini menunjukkan wilayah Tharsis timur, seperti yang dicitrakan oleh Viking 1 pada tahun 1980.

Di kiri, dari atas ke bawah, Anda dapat melihat tiga gunung berapi pelindung yang tingginya kira-kira 25 km, yaitu Ascraeus Mons, Pavonis Mons, dan Arsia Mons. Di kanan atas adalah gunung berapi perisai lain yang disebut Tharsis Tholus.

3. Valles Marineris
Mars tidak hanya menampung gunung berapi terbesar di tata surya, tetapi juga ngarai terbesar. NASA menyebutkan, Valles Marineris memiliki panjang sekitar 1.850 mil (3.000 km). Itu sekitar empat kali lebih panjang dari Grand Canyon, yang memiliki panjang sekitar 500 mil (800 km).

Para peneliti tidak yakin bagaimana Valles Marineris muncul, tetapi ada beberapa teori tentang pembentukannya. Banyak ilmuwan berpendapat ketika wilayah Tharsis terbentuk, itu berkontribusi pada pertumbuhan Valles Marineris. Lava yang bergerak melalui wilayah vulkanik mendorong kerak ke atas, yang memecah kerak di wilayah lain. Seiring waktu, rekahan ini berkembang menjadi Valles Marineris.

4. Kutub Utara dan Selatan

Kutub Utara dan Selatan. Foto: NASA/JPL/USGS

Mars memiliki dua wilayah es di kutubnya, dengan komposisi yang sedikit berbeda. Kutub utara (foto) dipelajari dari dekat oleh pendarat Phoenix pada 2008, sedangkan pengamatan kutub selatan kami berasal dari pengorbit. Selama musim dingin, kata NASA, suhu di dekat kutub utara dan selatan sangat dingin sehingga karbon dioksida mengembun dari atmosfer menjadi es, di permukaan.

Prosesnya terbalik di musim panas, ketika karbon dioksida menyublim kembali ke atmosfer. Karbon dioksida benar-benar menghilang di belahan bumi utara, meninggalkan lapisan es air. Tetapi beberapa es karbon dioksida tetap ada di atmosfer selatan. Semua pergerakan es ini memiliki efek yang sangat besar pada iklim Mars, menghasilkan angin dan efek lainnya.

5. Kawah Gale dan Gunung Sharp (Aeolis Mons)

NASA/JPL-Caltech/ASU

Dipopulerkan oleh pendaratan penjelajah Curiosity pada tahun 2012, Kawah Gale adalah tuan rumah bagi banyak bukti air di masa lalu. Curiosity menemukan streambed dalam beberapa pekan setelah mendarat, dan menemukan bukti air yang lebih luas sepanjang perjalanannya di sepanjang dasar kawah.

Curiosity sekarang sedang mendaki gunung berapi di dekatnya yang disebut Gunung Sharp (Aeolis Mons). Kemudian melihat fitur geologi di setiap strata.

Salah satu penemuan Curiosity yang lebih menarik adalah menemukan molekul organik kompleks di wilayah tersebut, pada banyak kesempatan. Hasil pada 2018 mengumumkan organik ini ditemukan di dalam batuan berusia 3,5 miliar tahun.

Bersamaan dengan hasil organik, para peneliti mengumumkan penjelajah juga menemukan konsentrasi metana di atmosfer berubah. Metana merupakan unsur yang dapat diproduksi oleh mikroba, juga fenomena geologi, sehingga tidak jelas apakah itu pertanda kehidupan.

6. Medusae Fossae

Foto: ESA

Medusae Fossae ialah salah satu lokasi teraneh di Mars, dengan beberapa orang bahkan berspekulasi bahwa tempat itu menyimpan bukti semacam kecelakaan UFO. Penjelasan yang lebih mungkin adalah itu merupakan deposit vulkanik yang sangat besar, sekitar seperlima dari ukuran Amerika Serikat.

Seiring waktu, angin membentuk bebatuan menjadi beberapa formasi yang indah, tapi para peneliti perlu studi lebih lanjut untuk mempelajari bagaimana gunung berapi ini membentuk Medusae Fossae. Sebuah studi pada 2018 menunjukkan formasi tersebut mungkin terbentuk dari letusan gunung berapi sangat besar yang terjadi ratusan kali selama 500 juta tahun. Letusan ini akan menghangatkan iklim Planet Merah karena gas rumah kaca dari gunung berapi melayang ke atmosfer.

7. Lereng Lineae di Kawah Hale

Model garis lereng berulang. Foto/NASA/JPL-Caltech/Univ Of Arizona

Mars memiliki fitur aneh yang disebut garis lereng berulang, yang cenderung terbentuk di sisi kawah curam selama cuaca hangat. Sulit untuk mengetahui apa itu RSL. Gambar yang ditampilkan di sini dari Kawah Hale (serta lokasi lain) menunjukkan titik-titik di mana spektroskopi mengambil tanda-tanda hidrasi.

Pada 2015, NASA awalnya mengumumkan bahwa garam terhidrasi pasti merupakan tanda air mengalir di permukaan. Namun penelitian selanjutnya mengatakan RSL dapat terbentuk dari air atmosfer atau aliran pasir yang kering.

Pada kenyataannya, kita mungkin harus mendekati RSL untuk melihat apa sifat asli mereka. Tetapi ada kesulitan -jika RSL memang menampung mikroba asing, kita tidak ingin terlalu dekat jika terjadi kontaminasi. Sementara NASA mencari cara untuk menyelidiki di bawah protokol perlindungan planetnya, penjelajah manusia di masa depan mungkin harus mengagumi fitur misterius ini dari jauh, menggunakan teropong.

8. 'Ghost Dunes' di Noctis Labyrinthus dan Cekungan Hellas

Jejak kaki bukit pasir Mars. Foto/NASA/JPL/Universitas Arizona

Mars adalah planet yang sebagian besar dibentuk oleh angin saat ini, karena air menguap saat atmosfernya menipis. Tapi kita bisa melihat bukti ekstensif dari air DI masa lalu, seperti daerah "bukit pasir hantu" yang ditemukan di Noctis Labyrinthus dan cekungan Hellas.

Peneliti, mengatakan, daerah ini dulunya memiliki bukit pasir yang tingginya puluhan meter. Belakangan, bukit pasir dibanjiri oleh lahar atau air, yang menjaga basis mereka sementara puncaknya terkikis. (Baca juga: Anies Baswedan dan Rizal Ramli Tak Dapat Tanda Jasa dan Kehormatan dari Jokowi, Kenapa? )

Bukit pasir tua seperti ini menunjukkan bagaimana angin dulu mengalir di Mars kuno, yang pada gilirannya memberi beberapa petunjuk ahli iklim tentang lingkungan kuno Planet Merah. Dalam putaran yang lebih menarik, mungkin ada mikroba yang bersembunyi di area terlindung di bukit pasir ini, aman dari radiasi dan angin yang akan menyapu mereka.