Update Vaksin Corona: Rusia Hembuskan Kabar Gembira dari Uji Coba Kontroversial

Kamis, 12 November 2020 - 17:10 WIB
loading...
Update Vaksin Corona: Rusia Hembuskan Kabar Gembira dari Uji Coba Kontroversial
Seorang sukarelawan divaksinasi dengan Sputnik V. Foto/Natalia Fedosenko/TASS/Getty/Nature.com
A A A
MOSKOW - Pengembang vaksin Sputnik V mengumumkan hasil fase III, dua hari setelah Pfizer dan BioNTech merilis bukti kuat pertama bahwa vaksin dapat melindungi dari infeksi virus Corona . (Baca juga: Anggaran Vaksin Covid-19 Indonesia Capai Rp34,23 T, Sri Mulyani Lapor ke DPR )

Untuk kedua kalinya di pekan ini, para peneliti telah mengumumkan hasil positif untuk tahap manusia terakhir dari uji coba vaksin virus Corona. Kali ini hasil dari uji coba vaksin Rusia yang dijuluki Sputnik V .

Pada 9 November, perusahaan obat yang berbasis di New York, Pfizer, merilis hasil sementara positif dari uji coba fase III vaksin virus CCorona. Ini yang pertama melaporkan dari putaran terakhir pengujian pada manusia. Laporan tersebut sebagai bukti kuat pertama bahwa vaksin dapat mencegah COVID-19.

Saat ini, para pengembang vaksin Rusia yang kontroversial bernama Sputnik V telah mengumumkan, bahwa kandidat vaksin mereka tampaknya sama efektifnya dalam mencegah penyakit.

Pusat Epidemiologi dan Mikrobiologi Nasional Gamaleya di Moskow, Rusia dan Dana Investasi Langsung Rusia, dalam siaran persnya mengatakan, analisis sementara dari 20 kasus COVID-19 yang diidentifikasi di antara peserta uji coba telah menemukan fakta bahwa vaksin itu 92% efektif. Analisis tersebut mengamati lebih dari 16.000 sukarelawan -yang menerima vaksin atau plasebo- tiga minggu setelah mereka menerima dosis pertama. Uji coba tersebut telah mendaftarkan total 40.000 peserta, klaim Rusia.

Sebaliknya, analisis awal tim Pfizer didasarkan pada 94 kasus COVID-19 -dan melaporkan keefektifan lebih dari 90%, jika diukur sepekan setelah peserta mendapatkan dosis kedua. Uji coba Pfizer, yang dimulai pada 27 Juli, telah melibatkan lebih dari 43.000 peserta, lebih dari 38.000 di antaranya telah menerima dua dosis saat analisis dilakukan.

Diperlukan Tindak Lanjut
"Rendahnya jumlah kasus yang dilaporkan dalam uji coba Sputnik V berarti kurang ada kepastian bahwa kemanjuran sebenarnya dari vaksin tersebut di atas 90%, dibandingkan dengan analisis Pfizer dan BioNTech," kata Stephen Evans, ahli epidemiologi di London School of Hygiene and Tropical Medicine, dalam sebuah pernyataan kepada UK Science Media Center (SMC).

Dia menambahkan, diperlukan tindak lanjut lebih lanjut, karena hasilnya kompatibel dengan kemanjuran yang jauh lebih rendah -60%- berdasarkan data ini.

Sulit untuk menafsirkan hasil uji klinis tanpa informasi lebih lanjut, kata Shane Crotty, ahli imunologi vaksin di La Jolla Institute for Immunology di California. "Saya tidak akan menyimpulkan apa pun dari 20 kasus," imbuhnya.

Protokol uji coba Sputnik V belum dipublikasikan. Ini berbeda dengan protokol Pfizer dan beberapa kandidat terkemuka lainnya dalam uji coba fase III. Sehingga tidak jelas apakah analisis sementara setelah identifikasi hanya 20 kasus COVID-19 sedang dikerjakan. Pfizer awalnya berencana untuk melakukan analisis sementara pertama setelah 32 kasus, tapi mengubah arah setelah berdiskusi dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan AS.

“Saya khawatir bahwa data ini telah tergesa-gesa setelah pengumuman Pfizer/BioNTech,” sesal Eleanor Riley, ahli imunologi di Universitas Edinburgh, Inggris. “Ini bukan kompetisi. Kami membutuhkan semua uji coba untuk dilakukan dengan standar setinggi mungkin dan sangat penting bahwa kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya untuk menghapus buta data uji coba dipatuhi untuk menghindari pengambilan data secara berlebihan."

Dalam langkah yang dikritik oleh banyak ilmuwan sebagai sembrono, regulator Rusia melisensikan vaksin untuk peluncuran terbatas pada bulan Agustus, tanpa menunggu data keamanan atau kemanjuran dari uji coba fase III. Vaksin ini terdiri dari dua adenovirus berbeda yang menghasilkan protein lonjakan virus Corona, yang diberikan dalam waktu tiga pekan. (Baca juga: Dibekali RAM 6 GB, Advan G9 Pro Harga Rp1,6 Juta Gempur Pasar Ponsel Gaming )
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1446 seconds (0.1#10.140)