Amerika Siap Distribusikan Vaksin COVID-19 Pada 11 Desember 2020

Senin, 23 November 2020 - 09:42 WIB
loading...
Amerika Siap Distribusikan Vaksin COVID-19 Pada 11 Desember 2020
Jika vaksinasi di Amerika Serikat berjalan lancar, diperkiraka kehidupan di sana dapat kembali normal pada awal Mei 2021. Foto/Ist
A A A
WASHINGTON - Warga Amerika mulai berharap bisa menjadi pihak pertama yang mendapatkan vaksin COVID-19 . Pihak Gedung Putih menyebut vaksin segera didistribusikan paling cepat 11 atau 12 Desember 2020. (Baca juga: Bahaya! Vaksinasi Umum Menurun, Indonesia Harus Waspadai Twindemics )

Hal itu diungkap Moncef Slaoui, Kepala Penasehat Sains Gedung Putih dalam upaya mendapatkan vaksin, "Operation Warp Speed, seperti dilansir Nature.com dari CNN, Minggu (22/11/2020).

Slaoui, yang ditunjuk awal tahun ini, mengatakan, dia dan rekan sejawatnya berharap dapat mengirimkan vaksin tersebut ke lokasi imunisasi dalam waktu 24 jam setelah menerima persetujuan dari Food and Drug Administration (FDA) untuk melakukannya.

Panel ahli luar yang memberi nasihat kepada FDA diperkirakan akan bertemu pada 10 Desember untuk membahas aplikasi Pfizer untuk otorisasi penggunaan darurat. Tidak jelas seberapa cepat FDA akan bertindak atas rekomendasi panel.

"Uji klinis menunjukkan bahwa vaksin Pfizer 95% efektif dalam mencegah orang terkena COVID-19, penyakit yang disebabkan oleh virus Corona baru," klaim Pfizer.

"Rencana kami adalah dapat mengirimkan vaksin ke lokasi imunisasi dalam waktu 24 jam sejak persetujuan. Jadi saya berharap mungkin satu atau dua hari setelah persetujuan," kata Slaoui, seraya menambahkan, "Pada tanggal 11 atau 12 Desember, mudah-mudahan orang pertama akan diimunisasi di seluruh Amerika Serikat."

Slaoui sebelumnya memperkirakan AS akan mengimunisasi 20 juta orang di bulan Desember 2020. Disusul sebanyak 30 juta orang tambahan dapat menerima vaksin setiap bulan berikutnya.

Slaoui, mantan eksekutif di GlaxoSmithKline dan anggota dewan di perusahaan biotek Moderna, berharap, anak-anak dapat menerima vaksin pada pertengahan tahun depan. Dia menambahkan, perlu ada uji coba "dipercepat" sebelum vaksin tersedia untuk anak-anak.

Jika vaksinisasi berjalan lancar, diperkirakan, kehidupan orang Amerika dapat kembali normal pada awal Mei 2021. "Biasanya, dengan tingkat kemanjuran yang kita miliki - 95-70% atau lebih dari populasi yang diimunisasi akan memungkinkan terjadinya kekebalan kawanan yang sebenarnya," kata Slaoui seraya menambahkan, kemungkinan besar itu akan terjadi di bulan Mei.

"Saya sangat berharap dan berharap untuk melihat tingkat persepsi negatif tentang penurunan vaksin dan penerimaan masyarakat meningkat. Itu akan menjadi kritis," ujarnya lagi.

Seperti yang dilaporkan oleh Business Insider, kebanyakan orang di AS kemungkinan tidak akan menerima vaksin tahun ini. Karena peluncuran kemungkinan akan memprioritaskan individu dengan prioritas tinggi, termasuk petugas perawatan kesehatan garis depan, pekerja esensial, orang di atas usia 65 tahun, dan orang dengan yang sudah ada sebelumnya kondisi sakit.

Slaoui menjelaskan, pemerintah federal kemungkinan besar akan membuat rekomendasi siapa yang pertama menerima vaksin. Tetapi keputusan itu kemungkinan akan diserahkan kepada pemerintah negara bagian. (Baca juga: Tolak Bala Letusan, Warga Lereng Merapi Pasang Janur Kuning dan Sediakan Air Bunga )
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1332 seconds (0.1#10.140)