Hujan Meteor Geminid: 14 Desember 2020

Senin, 07 Desember 2020 - 14:56 WIB
loading...
Hujan Meteor Geminid: 14 Desember 2020
ilustrasi hujan Meteor FOTO/ DOK ist
A A A
JAKARTA - Di penghujung tahun 2020 ini, tercatat cukup banyak fenomena langka yang bisa diamati. Desember ini, Bumi berkesempatan melihat dua fenomena hujan meteor dan akan ada super konjungsi antara planet Jupiter dan Saturnus. BACA JUGA - Jam Tangan Misterius Kurt Cobain yang Tak Banyak Orang Tahu

Dirangkum SINDOnews dari Info Astronomy, berikut jadwalnya.

Konjungsi Bulan dengan Venus: 13 Desember 2020

Pada tanggal ini, masyarakat Bumi berkesempatan melihat dekatnya Bulan dengan planet Venus. Saat ini, Venus menjadi 'bintang fajar'. sehingga ia akan muncul di langit timur sebelum Matahari tersebut.

Nah, pada momen konjungsi ini, Bulan dan Venus akan terpisah 1 derajat satu sama lain, atau selebar ujung jari kelingking.

Dengan kata lain, konjungsi ini akan membuat kedua benda langit ini tampak begitu dekat dalam pandangan dari Bumi.


Geminid
merupakan salah satu hujan meteor terbaik setiap tahunnya. Salah satu hal yang menjadikannya terbaik karena intensitas saat puncaknya bisa mencapai 120 meteor per jam, dengan catatan saat mengamatinya berada di lokasi yang bebas polusi cahaya dan cuaca cerah. 9.
Gerhana Matahari Total: 14 Desember 2020

Gerhana Matahari Total kali ini tidak dapat diamati di Indonesia. Hanya akan ada dua negara yang dilalui jalur gerhanan total yaitu Chilen dan Argentina. BACA JUGA - Perjuangan Rolex Kuasai Dunia Horology hingga Berlabel Jam Orang Sukses

Gerhana Matahari total di sana akan mulai sekitar pukul 23.01 WIB hingga 23.06 WIB, sehingga masyarakat Indonesia tidak bisa melihatnya.

Segitiga Bulan-Jupiter-Saturnus: 17 Desember 2020
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1067 seconds (0.1#10.140)