Roket SpaceX Meledak saat Uji Coba, Ini Penjelasan Elon Musk

Kamis, 10 Desember 2020 - 16:54 WIB
loading...
Roket SpaceX Meledak saat Uji Coba, Ini Penjelasan Elon Musk
Elon Musk menjelaskan, saat mendarat tanki bahan bakarnya mendapat tekanan rendah, sehingga menyebabkan kecepatan mendarat jadi tinggi dan RUD pun terjadi. Foto/Ist.
A A A
TEXAS - Rabu (9/12) pukul 17.45 waktu setempat, roket purwarupa Starship SN8 milik SpaceX menjalani uji coba penerbangan perdananya di fasilitas roket perusahaan di Boca Chica, Texas. Namun, roket itu meledak.

— SpaceX (@SpaceX) December 10, 2020


Kemudian, mesin roket tersebut mencoba menyeimbangkan, tapi roketnya menghantam dengan sudut 45 derajat, lalu mematahkan kaki dan bagian mesin. Sisa bahan bakar dan oksigen tercampur dan menimbulkan ledakan.

"Ini kejadian RUD (rapid unscheduled disassembly). Roketnya tidak apa-apa, perbaikan minor. Hari yang menyenangkan!" tambah Musk.

Purwarupa roket Starship SN8 ini melakukan uji coba untuk menembus ketinggian 12,5 km dan melakukan sejumlah manuver di angkasa, termasuk 'belly flop' yang membuat roket mengubah posisinya menjadi horizontal sebelum mendarat.

Namun, roket setinggi 50 meter ini justru gagal di tahapan akhir. Meski berhasil sampai target pendaratannya, tapi karena turun terlalu cepat menyebabkan roket tersebut meledak hanya 6 menit dan 42 detik setelah meluncur.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4026 seconds (0.1#10.140)