Cuti, Astronot di Stasiun Luar Angkasa ISS Ikut Merayakan Natal

Jum'at, 25 Desember 2020 - 21:56 WIB
loading...
Cuti, Astronot di Stasiun Luar Angkasa ISS Ikut Merayakan Natal
Astronot di ISS mengirimkan kabar Natal kepada orang-orang di Bumi dengan pesan harapan di tahun yang penuh tantangan akibatr pandemik global. Foto/Ist
HOUSTON - Bukan hanya di Bumi , kecerian perayaan Hari Natal juga terlihat di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) hari ini. Mengambil cuti dari kegiatan ilmiah, mereka menyampaikan sejumlah pesan Natal kepada makhluk Bumi.

Astronot di ISS mengirimkan kabar Natal kepada orang-orang di Bumi dengan pesan harapan di tahun yang penuh tantangan akibatr pandemik global. Ketujuh anggota kru Ekspedisi 64 mengambil cuti di orbit untuk bersantai dan menelepon teman dan keluarga, tapi lima di antaranya memancarkan beberapa video khusus untuk semua orang di Bumi.

Pesan mereka: Ketahanan (Resilience), berdasarkan nama kapsul SpaceX Crew Dragon yang meluncurkan empat astronot ke stasiun ISS bulan lalu. "Kami memilih nama itu untuk menghormati orang-orang di seluruh dunia dan tim yang membantu membuat misi kami mungkin selama satu tahun yang mengubah hidup kami," kata astronot NASA Mike Hopkins dalam satu video liburan. "Kami juga ingin mengingat semua orang yang kehilangan kami tahun ini," tambahnya.

Hopkins diluncurkan ke stasiun ISS pada 16 November dengan Crew Dragon Resilience bersama sesama astronot NASA, yaitu Victor Glover, Shannon Walker, dan dari Badan Eksplorasi Dirgantara Jepang, Soichi Noguchi. Mereka bergabung dengan astronot NASA lainnya, Kate Rubins, yang sudah berada di stasiun bersama kosmonot Rusia Sergey Ryzhikov dan Sergey Kud-Sverchkov.

"Tidak ada nama yang lebih tepat untuk menggambarkan tahun 2020," kata Glover. "Ketahanan jiwa manusia adalah sesuatu yang benar-benar bisa kami rayakan di musim spesial ini."

Walker mengatakan bahwa ketika dia merenungkan Bumi dari sudut pandangnya di atas, jelas betapa terhubungnya semua orang di (dan di luar) planet ini sebenarnya. Dalam video terpisah, dia ingat persis apa arti Natal dan liburan baginya.



"Bagi saya, itu berarti tiga 'F', keluarga, teman, dan makanan," kata Walker dilansir Space.com.

Pasti akan ada beberapa makanan pesta di stasiun luar angkasa hari ini. Pada 6 Desember, sebuah kapal kargo SpaceX Dragon mengirimkan banyak pasokan baru ke stasiun, termasuk beberapa hadiah Natal untuk kru.

"Awak pesawat akan mendapatkan makanan Natal di orbit," kata Kenny Todd, Wakil Manajer Program NASA untuk Stasiun Luar Angkasa, pada saat itu. "Saya tidak berpikir itu akan mengejutkan mereka, tetapi lebih dari itu ... Saya tidak suka keluar di depan Sinterklas," ujarnya.

"Gadis-gadis sekolah menengah telah menghabiskan waktu bertahun-tahun mengerjakan item makanan dan baru-baru ini disetujui untuk astronot di luar angkasa," tambahnya.

"Ini adalah hadiah spesial dari SMA Wakasa," kata Noguchi. "Ini kaleng makarel kecil, tapi merupakan lompatan besar bagi gadis-gadis SMA Jepang."



Rubins mengatakan, awak stasiun luar angkasa ISS telah menambahkan kontes ke liburan Natal mereka. Para astronot telah menghiasi aula Stasiun Luar Angkasa Internasional dengan dekorasi Natal yang dibuat dengan barang-barang yang mereka temukan di sekitar pesawat ruang angkasa. Mereka menantang tim Mission Control NASA di Johnson Space Center di Houston untuk melakukan hal yang sama, hanya dengan menggunakan dekorasi di gedung Mission Control mereka. "Kita akan lihat bagaimana kelanjutannya," kata Rubins.

Kembali ke Mission Control, Direktur Penerbangan NASA, Zebulon Scoville, memamerkan mantel sport Natal berwarna merah dan putih yang memesona dan konsol penerbangan yang dibungkus dengan karangan bunga cerah dan dekorasi lainnya. "Saya tahu Anda mengeluarkan tantangan dan saya katakan saja, mendekorasi Mission Control? Tantangan diterima," kata Scoville. "Saya mungkin harus memotong mantel ini dan membuatnya menjadi sesuatu yang baru nanti."

Sementara Glover memamerkan beberapa kaus kaki mewah bergambar foto keluarganya di salah satu video. "Keluarga saya di lapangan pasti ada dalam pikiran dan doa saya, dan di kaus kaki saya," kata Glover. "Tapi itu juga membuatku berpikir tentang semua orang yang tidak bisa menghabiskan liburan bersama keluarga mereka."

Glover mengirimkan ucapan terima kasih khusus kepada anggota militer dan layanan kesehatan yang bekerja keras untuk menjaga keamanan publik selama liburan. "Kami berharap Anda mengambil kesempatan untuk merayakan liburan sebelum kami mengubah kalender menjadi tahun baru dengan harapan baru dan semangat untuk masa depan," pungkas Noguchi.
(iqb)
preload video
KOMENTAR ANDA