Deretan Pencapaian LAPAN di Bidang Teknologi hingga 2020

Senin, 04 Januari 2021 - 03:02 WIB
loading...
Deretan Pencapaian LAPAN di Bidang Teknologi hingga 2020
(LAPAN) melalui satuan kerja Pusat Teknologi Roket (Pustekroket) berhasil meluncurkan roket eksperimen, RX450-5. FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) memiliki visi untuk menjadi “Penggerak Sektor – Sektor Pembangunan Nasional Berbasis IPTEK Penerbangan dan Antariksa", pada program 2020 - 2024. BACA JUGA - Cerita Perjuangan Ilmuwan Demi Membuat Vaksin COVID-19

Upaya yang dilakukan LAPAN adalah terus membenahi tata kelola organisasi dengan program besar reformasi birokrasi, serta peningkatan kompetensi dan layanan dengan tujuh program utama. BACA JUGA - Simpan Banyak Fakta, Donald Trump Restui Pengungkapan UFO

Tujuh program utama LAPAN yaitu pengembangan Bank Data Penginderaan Jauh Nasional (BDPJN), pengembangan Sistem Pemantau Bumi Nasional (SPBN), pengembangan Teknologi Satelit, pengembangan Teknologi Aeronautika.

Lalu ada juga pengembangan Teknologi Roket, pengembangan Sistem Pendukung Keputusan Dinamika Atmosfer Ekuator, dan pengembangan Sistem Pendukung Keputusan Cuaca Antariksa.

Sementara prioritas riset nasional dan prioritas bidang yang sudah dilaksanakan LAPAN mulai 2020 adalah teknologi Penginderaaan Jauh untuk Kawasan Konservasi, Pencegahan Pencemaran, Kebencanaan, dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam.

Kemudian teknologi Pesawat N-219 Amfibi, teknologi Pesawat Terbang Tanpa Awak MALE (Middle Altitude Long Endurance), teknologi Roket Dua Tingkat, teknologi Satelit Konstelasi Komunikasi Orbit Rendah, pembangunan Observatorium Nasional, serta model Pemanfaatan dan Informasi Penginderaan Jauh untuk Mendukung Tujuan Pembangunan Nasional Berkelanjutan (SDGs)

Selama 2020, LAPAN mencatatkan banyak prestasi sebagai pemacu semangat dan kepercayaan diri, tanpa melupakan aspek-aspek yang masih perlu diperkuat.

Berikut capaian LAPAN selama 2020, dikutip dari laman resmi LAPAN, Minggu (3/1/2021).

Februari 2020: Penghargaan dari BNPB untuk dukungan penanggulangan bencana 2019.

Februari 2020: Penghargaan dari Kementerian Keuangan sebagai Peringkat Satu atas Penilaian Kinerja Pelaksanaan Anggaran Tingkat Kementerian/Lembaga dalam Wilayah KPPN Jakarta III 2019.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2406 seconds (0.1#10.140)