Pesawat Luar Angkasa China Tianwen-1 Hampir Tiba di Mars

Kamis, 07 Januari 2021 - 13:04 WIB
loading...
Pesawat Luar Angkasa China Tianwen-1 Hampir Tiba di Mars
Pesawat luar angkasa Tianwen-1 milik China dilihat oleh kamera kecil yang dikeluarkan dari pesawat luar angkasa dalam sebuah foto yang diambil 15 juta mil dari Bumi. Foto/CNSA
A A A
BEIJING - Pengorbit dan penjelajah Mars milik China , Tianwen-1 tengah melaju menuju Planet Merah . "Pesawat bersiap untuk tiba (di orbit Mars) pada 10 Februari," kata Badan Antariksa Nasional China (CNSA), seperti dikutip dari Space.com. (Baca juga: Tak Hanya Angkut Orang, Elon Musk Juga Ingin Bangun Negara di Mars )

Tianwen-1 telah berada di luar angkasa selama hampir 24 pekan dan berada sekitar 81 juta mil (130 juta kilometer) dari Bumi. Pesawat luar angkasa ini dalam jarak 5,15 juta mil (8,3 juta km) dari Mars pada 3 Januari waktu Beijing, menurut CNSA.

Dengan semua sistem bekerja secara normal, pesawat ruang angkasa itu akan memasuki orbit Mars pada 10 Februari, menurut jaringan berita CCTV China. Pesawat ruang angkasa seberat lima ton itu akan membakar mesinnya untuk memperlambat agar bisa ditangkap oleh tarikan gravitasi Mars.
Pesawat Luar Angkasa China Tianwen-1 Hampir Tiba di Mars

Pesawat luar angkasa Tianwen-1 milik China dilihat oleh kamera kecil dari pesawat luar angkasa dalam sebuah foto yang diambil 15 juta mil (24 juta kilometer) dari Bumi. Foto/CNSA

"Tianwen-1 akan berada sekitar 118 juta mil (190 juta kilometer) jauhnya dari Bumi ketika wahana itu tiba di orbit Mars, setelah menempuh perjalanan sekitar 292 juta mil (470 juta km)," ungkap CNSA. (Baca juga: Begini Cara China Menaklukkan Planet Mars Melalui Tianwen-1 )

Jarak yang sangat jauh antara Bumi dan Tianwen-1. Ini berarti ada penundaan atau delay komunikasi kecepatan cahaya sekitar 10 menit, sehingga kontrol pesawat ruang angkasa secara real-time tidak dimungkinkan. Pesawat ruang angkasa itu perlu menjalankan perintahnya sendiri.

Li Zhencai, Wakil Komandan Proyek Penyelidikan Mars Tianwen-1 dengan China Academy of Space Technology (CAST), yang membuat pesawat ruang angkasa tersebut, mengatakan, kepada media China bahwa persiapan untuk memasuki orbit Mars sedang dilakukan.

"Kami berencana menyelesaikan semua perintah dan latihan bersama dengan Pusat Kontrol Dirgantara Beijing sebelum 24 Januari," kata Li dalam wawancara CCTV.

Li, mengatakan, manuver koreksi lintasan keempat harus dilakukan untuk memastikan pesawat ruang angkasa akan memasuki jalur orbit Mars. Setelah memasuki orbit, Tianwen-1 akan mulai mempersiapkan upaya pendaratan penjelajah misi.

Pengorbit akan mulai mencitrakan calon lokasi pendaratan utama di dalam cekungan benturan besar Utopia Planitia, di sebelah selatan lokasi pendaratan Viking 2 NASA. Persiapan untuk pendaratan akan memakan waktu. CNSA menyatakan pendaratan ke Planet Mars tidak akan dilakukan hingga Mei 2021.

Jika bisa mendarat, penjelajah Tianwen-1 seberat 240 kilogram dengan tenaga suryanya akan menyelidiki karakteristik permukaan tanah dan potensi distribusi air-es dengan instrumen Radar Eksplorasi Bawah Permukaan. Penjelajah Mars juga akan menganalisis komposisi material permukaan dan karakteristik iklim Mars, serta lingkungan di permukaan.

Tianwen-1 diluncurkan pada Juli 2020. Sejak saat itu, Tianwen-1 telah melakukan tiga manuver koreksi lintasan untuk mengubah jalurnya, bersama dengan apa yang disebut manuver luar angkasa dalam untuk menyesuaikan jalur orbitnya.

Tianwen-1 adalah satu dari tiga pesawat ruang angkasa yang melakukan pendekatan terakhir mereka ke Planet Merah. Sementara kapal luar angkasa milik Uni Emirat Arab, Hope, akan mencapai Mars sehari sebelum Tianwen-1, pada 9 Februari. Dan yang ketiga, pesawat penjelajah Perseverance NASA akan melakukan upaya pendaratan pada 18 Februari.

China telah mendarat di bulan tiga kali, dengan Chang'e 3 pada 2013, Chang'e 4 di sisi jauh pada 2019, dan Chang'e 5 pada Desember tahun lalu. Sedangkan Tianwen-1 adalah misi antarplanet independen pertama China di Mars. Dengan atmosfernya yang tipis, keterpencilan dan medan gravitasi yang berbeda, ini menghadirkan tantangan baru dan lebih besar. (Baca juga: Penampakan Sudirman-MH Thamrin usai Blusukan Risma, Cuma Ada Tukang Kopi dan Juru Parkir )
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1815 seconds (0.1#10.140)