Minggu, 17 Januari 2021 - 09:01 WIB
Mendarat di Mars, NASA Siapkan Mikrofon Khusus untuk Merekam Suara
Rover Perseverance telah dibekali dengan sepasang mikrofon yang terletak pada instrumen SuperCam. Foto/Ist.
WASHINGTON - Lembaga Antariksa Amerika Serikat ( NASA ) sebentar lagi akan mendaratkan Rover Perseverance, yang diprediksi akan sampai di Mars pada 18 Februari mendatang.

Dalam misi penjelajahannya tersebut, Rover akan mengambil sampel batuan yang ada di planet merah. Selain itu, Rover juga akan merekam suara yang ada di Mars dan akan disiarkan langsung oleh NASA untuk disiarkan secara luas.

NASA menjelaskan, Rover Perseverance telah dibekali dengan sepasang mikrofon yang terletak pada instrumen SuperCam. Alat tersebut rencananya akan memberikan audio secara langsung ketika NASA melakukan pendaratan di Mars.
Mendarat di Mars, NASA Siapkan Mikrofon Khusus untuk Merekam Suara

Melansir dari laman resminya, eksperimen bersejarah ini akan merekam suara ketika memasuki dan mendarat di Mars. Namun, para ilmuwan memprediksi suara yang dihasilkan tidak akan sama seperti di Bumi. Sebab, faktor perbedaan suara akibat suhu, kepadatan, dan komposisi atmosfer di Planet Merah.

Suhu dingin yang ada di atmosfer Mars akan memperlambat gelombang suara. Kemudian kepadatan di Mars hanya 1% dari Bumi. Hal tersebut memengaruhi emisi dan popagasi suara yang dihasilkan.

Selain itu, karbondioksida yang terkandung di atmosfer Mars juga akan melemahkan suara, meskipun mikrofon yang digunakan bukanlah mikrofon biasa.

Alat ini dilengkapi dengan kisi khusus untuk mencegah masuknya debu. Peneliti pun tidak mengetahui akan seburuk apa kondisi permukaan Mars. Bisa saja merusak mikrofon.