Bayi Dinosaurus Ternyata Sudah 'Siap Berburu' Sejak Lahir

Rabu, 27 Januari 2021 - 10:32 WIB
loading...
Bayi Dinosaurus Ternyata Sudah Siap Berburu Sejak Lahir
Fosil rahang dan tulang cakar yang ditemukan menunjukkan bahwa bayi-bayi berukuran sedang ini sangat mirip dengan orang dewasa dan sejak lahir siap untuk berburu. Foto/dok
A A A
WASHINGTON - Para ilmuwan untuk pertama kalinya menemukan sisa-sisa embrio dari kelompok dinosaurus pemakan daging yang ganas termasuk T.rex. Fosil rahang dan tulang cakar yang ditemukan menunjukkan bahwa bayi-bayi berukuran sedang ini sangat mirip dengan orang dewasa dan sejak lahir siap untuk berburu.

Fosil tersebut, kata para peneliti, mewakili dua spesies dari kelompok yang disebut tyrannosaurus, predator puncak di Asia dan Amerika Utara selama Periode Kapur menjelang akhir zaman dinosaurus. (Baca: Miris Banget, Kura-kura Leher Ular Pulau Rote Dinyatakan Punah)

Dikutip Reuters, tulang-tulang tersebut menunjukkan bahwa ini lebih besar dari bayi dinosaurus lain yang diketahui memiliki panjang satu meter. Berdasarkan ukuran tersebut, kemunginan dinosaurus ini menetas dari telur yang ukurannya sekitar 43 cm. Ini jadi telur dinosaurus terbesar yang diketahui saat ini.

Tulang rahang berusia sekitar 77 juta tahun, dengan panjang sekitar 1,2 inci (3 cm), digali di Montana dan mungkin milik spesies yang disebut Daspletosaurus. Cakar berbentuk baji berumur sekitar 72 juta tahun berasal dari provinsi Alberta Kanada dan mungkin milik spesies yang disebut Albertosaurus. (Baca juga: Bencana Covid-19 Membuat Sampah Medis Naik Drastis)

Keduanya adalah sepupu Tyrannosaurus rex yang sedikit lebih kecil. Tyrannosaurus terbesar yang diketahui memiliki panjang 40 kaki (12 meter) dan berat 8 ton. Rahang memiliki ciri khas tyrannosaurus, termasuk alur yang dalam dan dagu yang menonjol.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2610 seconds (0.1#10.140)