WHO dan Tim Investigasi Tak Temukan Fakta COVID-19 Berasal dari Wuhan

Selasa, 09 Februari 2021 - 19:05 WIB
loading...
WHO dan Tim Investigasi Tak Temukan Fakta COVID-19 Berasal dari Wuhan
Profesor Liang Wennian. FOTO/ IST
A A A
WUHAN - Klaim COVID-19 berasal dari Wuhan mulai terbantahkan, penyelidikan gabungan Organisasi Kesehatan Dunia dan tim China mengatakan mereka yakin Pasar Wuhan bukanlah asal COVID-19 .

Profesor Liang Wennian menepis teori asal pasar di Wuhan sarang Corona DI hadapan Tim beranggotakan sepuluh orang WHO berada di China ketika mereka berusaha untuk mengumpulkan dari mana Covid berasal - dengan virus yang terus membunuh 2,2 juta di seluruh dunia.



Tim ahli tiba di China pada 14 Januari dan mereka sekarang telah menyelesaikan penelitian mereka di Wuhan, kota tempat virus pertama kali dikonfirmasi muncul pada 31 Desember 2019.

Dia mengatakan tim yakin virus itu berasal dari hewan kemungkinan kelelawar atau trenggiling - tetapi inang perantara yang memungkinkannya melompat ke manusia "belum diidentifikasi".

Wennian mengesampingkan Pasar sebagai sumber asal karena dia tampaknya menyarankan Covid berasal dari tempat lain selain Wuhan.

Dia juga mengatakan tidak ada kelelawar di alam liar di China yang ditemukan membawa virus yang mungkin telah bermutasi pada Covid-19.

Virus itu mungkin telah beredar di daerah lain sebelum diidentifikasi di kota Wuhan di China tengah pada akhir 2019.

Prof Wennian berkata: "Karena kebanyakan virus yang muncul berasal dari hewan memerlukan analisis mendalam tentang evolusi virus di reservoir hewan. Secara umum, virus yang menyebabkan pandemi harus sangat adaptif dengan lingkungan manusia, setiap langkah didorong oleh seleksi alam." tuturnya seperti dilansir dari The Sun Selasa 9/2/2021.

Sementara itu, Peneliti WHO Dominic Dwyer, seorang ahli mikrobiologi dan ahli penyakit menular. Dia mengatakan, timnya telah menerima akses yang diminta dari otoritas China ketika mencoba memahami hari-hari awal wabah virus corona baru yang pertama kali diidentifikasi di Wuhan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2122 seconds (0.1#10.140)