Kenapa Migrasi Burung Tidak Pernah Tersasar, Ini Penjelasannya

Senin, 15 Februari 2021 - 14:27 WIB
Kenapa Migrasi Burung Tidak Pernah Tersasar, Ini Penjelasannya
Foto/dok
JAKARTA - Setiap tahun, miliaran burung bermigrasi ribuan mil antara Eropa sampai Afrika dan kemudian mengulangi perjalanan yang sama lagi tahun berikutnya. Migrasinya ribuan burung ini untuk bersarang di tempat yang persis sama yang mereka pilih dalam perjalanan besar pertama mereka.

Berdasarkan artikel yang ditulis Richard Holland, Profesor Perilaku Hewan, Sekolah Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Bangor, Gwynedd, Wales, ketepatan navigasi yang luar biasa yang ditunjukkan oleh burung-burung kecil ini saat mereka melakukan perjalanan di atas lautan badai, melintasi gurun yang luas, dan melalui cuaca dan suhu yang ekstrem telah menjadi salah satu misteri biologi perilaku yang belum terkuak. (Baca: India Kalang Kabut, 350.000 Ekor Burung Mati Gara-gara Flu Burung)

Seperti dilansir Science Alert, diketahui bahwa burung-burung yang diterpa angin begitu banyak sehingga mereka tergeser secara signifikan dari rute migrasi mereka. Namun tak lama kemudian mereka dapat menyesuaikan kembali jalur migrasinya dengan tepat.

Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan navigasi burung mencakup mekanisme untuk menemukan jalan pulang dari belahan dunia yang belum pernah mereka kunjungi sebelumnya.

Sekarang, studi baru tentang burung berkicau buluh Eurasia telah menemukan bahwa kemampuan luar biasa ini melibatkan "peta magnet" yang bekerja seperti sistem koordinat pada manusia.

Anehnya, penelitian ini menemukan bahwa burung-burung tersebut memahami medan magnet tempat ribuan mil ke wilayah yang belum pernah mereka kunjungi sebelumnya. Itu menunjukkan bahwa beberapa burung dapat memiliki "sistem GPS global" yang dapat memberi tahu mereka cara pulang dari mana saja mereka bermigrasi.

Sudah lama diketahui bahwa burung dewasa mengembangkan semacam peta navigasi untuk membantu mereka bermigrasi. Bagaimana mereka melakukan ini tetap mksterius. Beberapa petunjuk telah diajukan sebagai panduan untuk burung yang bermigrasi, termasuk bau, suara infra, dan bahkan variasi gravitasi. (Baca juga: Waspada, Ini Penyebab Cuaca Ekstrem di Indonesia)

Namun, kumpulan bukti telah mengindikasikan bahwa medan magnet bumi adalah salah satu solusi yang paling mungkin untuk misteri ini. Parameter berbeda dari medan magnet bumi dapat membentuk peta yang diikuti burung, dari garis utara-selatan dan timur-barat.

Itu karena intensitas magnet (kekuatan medan magnet) dan kemiringan magnet (sudut yang terbentuk antara garis medan magnet dan permukaan bumi, juga disebut sudut "dip") keduanya berjalan kira-kira dari utara ke selatan. Deklinasi magnetik - perbedaan antara arah ke kutub utara magnet dan kutub utara geografis - menyediakan sumbu timur-barat.

Meskipun sebagian besar setuju bahwa burung tertentu menavigasi melalui medan magnet bumi, namun para ilmuwan belum mengetahui secara tepat peralatan sensorik apa yang mereka gunakan untuk mendeteksinya.

Terlepas dari itu, jika burung telah mengetahui bahwa intensitas magnet meningkat saat mereka pergi ke utara, mereka harus dapat mendeteksi posisinya pada sumbu utara-selatan di mana pun mereka berada. Demikian pula, jika mereka mengalami nilai deklinasi yang lebih besar dari apa pun yang pernah mereka alami sebelumnya, mereka harus tahu bahwa mereka lebih jauh ke timur. Atas dasar ini, teorinya adalah bahwa mereka dapat menghitung posisi mereka di grid dan mengoreksi orientasinya. (Baca juga: Arkeolog Temukan Bukti yang Bisa Patahkan Klaim Columbus Lebih Dulu ke Alaska)

Ini berarti bahwa burung pada dasarnya menavigasi menggunakan sistem yang mirip dengan dasar navigasi GPS modern. Jika teori koordinat ini akurat, itu berarti burung harus dapat menggunakan pengetahuannya tentang parameter medan magnet untuk memperkirakan lokasinya di mana saja di Bumi.

Namun, hingga saat ini, belum ada bukti jelas bahwa burung dapat menggunakan medan magnet dengan cara ini. Tetapi studi baru kami tentang burung pengicau buluh Eurasia yang bermigrasi - atau Acrocephalus scirpaceus - adalah yang pertama menunjukkan bukti jelas bahwa mereka sebenarnya dapat melakukan ini.