Hari Ini, Penjelajah NASA Perseverance Akan Mendarat di Mars

Kamis, 18 Februari 2021 - 09:21 WIB
loading...
Hari Ini, Penjelajah NASA Perseverance Akan Mendarat di Mars
Foto/NASA
A A A
HOUSTON - Hari ini, penjelajah NASA Perseverance akan mendarat di kawah Jezero Mars . Perseverance dijadwalkan mendarat di Mars hari ini sekitar pukul 15.15 ET atau Waktu Timur Amerika.

Selain membawa misi yang ambisius, Perseverance juga membawa penghormatan kepada perawat kesehatan di seluruh dunia. Pelat aluminium berukuran 3 x 5 inchi dipasang di sisi kiri sasis untuk mewakili komunitas medis global. (Baca: Mengenal Kawah jezero, Lokasi Pendaratan dan Penjelajahan Perseverance)

"Kami ingin menunjukkan penghargaan kami kepada mereka yang telah mempertaruhkan kesejahteraan pribadi mereka demi kebaikan orang lain," kata Matt Wallace, wakil manajer proyek Perseverance di Jet Propulsion Laboratory NASA di Pasadena, California, seperti dikutip CNN.

Ketekunan juga membawa nama hampir 11 juta orang yang terukir pada tiga chip silikon. Dia adalah ilmuwan robotik yang menjelajahi Mars atas nama umat manusia, dan dia akan dapat membagikan apa yang dia lihat dan dengar melalui 23 kamera, termasuk video, dan dua mikrofon.

"Saya kagum karena kita akan mendarat di dasar danau purba ini untuk mencari potensi kehidupan purba," kata Thomas Zurbuchen, administrator asosiasi Direktorat Misi Sains NASA. "Ini adalah puncak dari kerja puluhan tahun NASA dan komunitas internasional." (Baca juga: Ilmuwan Hungaria Ciptakan Alat Pelacak Keberadaan Air di Bulan)

Perseverance akan mendarat di Mars hari ini. karena ada jeda waktu antara Bumi dan Mars, Perseverances akan mengendalikan dirinya sendiri selama "7 menit teror" pendaratan. Dia terjun ke atmosfer dengan kecepatan 12.000 mil per jam dan harus melambat, menggunakan parasut dan retrorockets, hingga 0 mil per jam tujuh menit kemudian ketika dia mencapai permukaan.

Thomas Zurbuchen mengatakan, timnya akan mengawasi data yang dikirimkan kembali melalui Mars Reconnaissance Orbiter untuk mengetahui apakah dia mendarat dengan selamat atau tidak. Kemudian, perjalanan sebenarnya dimulai saat Perseverances menjelajahi Kawah Jezero selama dua tahun ke depan. (Baca juga: Wahana Penjelajah China Yutu 2 Temukan Batu Aneh di Permukaan Bulan)

Meski Perseverance dikendalikan secara otomatis, penjelajah ini akan berkomunikasi dengan tim di Bumi untuk menjalankan misinya. Tim di Bumi akan bertransisi dengan waktu di Mars yang lebih lama 40 menit dalam sehari.

Bagi banyak orang, terutama mereka yang berada di Jet Propulsion Laboratory NASA, ini berarti bangun di siang hari dan bekerja hingga larut malam. "Hari-hari Mars 40 menit lebih lama dari hari-hari di Bumi, jadi Anda selalu bergeser 40 menit setiap hari dan itu membuat Anda mengalami jetlag," kata Jennifer Trosper, wakil manajer proyek Perseverance.

Trosper mengaku dia dan timnya sangat menunggu saat-saat pendaratan ini. Karena penjelajah Perseverance ini adalah misi yang luar biasa di antara pengetahuan ilmiah yang akan dituju di Mars .

"Lalu kami berencana untuk meluncurkannya pada tahun 2026 dan mengembalikan sampel pada awal tahun 2030-an. Ini akan menjadi misi yang benar-benar luar biasa," katanya.

NASA telah mengirimkan misi untuk menjelajahi Mars sejak 1965, berbagi gambar dan pengetahuan yang diperoleh tentang planet MArs sungguh menakjubkan. Mars telah menjadi salah satu tempat paling mudah diakses di tata surya kita untuk mengirim misi. Tetapi juga memiliki sejarah misterius dan mungkin pernah sangat mirip dengan Bumi. (Baca juga: Ilmuwan Sukses Membuat Lompatan Sains untuk Mendukung Kehidupan di Mars)

"Mars adalah planet paling mirip Bumi di tata surya kita. Itu sangat menarik karena dengan mempelajari sejarah geologi dan iklim planet dan bagaimana ia berevolusi, kita juga dapat menginformasikan bagaimana Bumi telah berevolusi dan bagaimana ia akan berevolusi di masa depan," kata Jurczyk.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3470 seconds (0.1#10.140)