Apophis Melintas Besok, NASA Pastikan Cuaca di Bumi Akan Terganggu

Jum'at, 05 Maret 2021 - 20:06 WIB
loading...
Apophis Melintas Besok, NASA Pastikan Cuaca di Bumi Akan Terganggu
Apophis, yang lebarnya 350m dan
NEW YORK - Sebuah asteroid kolosal bernama 'God of Chaos' akan melewati Bumi malam ini dan akan terlihat dengan mata telanjang. Sebagian besar asteroid tidak bersentuhan dengan atmosfer Bumi, tetapi pada Fenomena langka ini NASA sebut akan ganggu sistem cuaca Bumi.

Batu luar angkasa kolosal yang dijuluki Apophis, atau 'Dewa Kekacauan', pertama kali ditemukan pada tahun 2004 dan diperkirakan akan berada dalam jarak 10.471.577 mil dari Bumi pada pukul 01.00 pada hari Sabtu.

Mirror melaporkan Apophis, yang lebarnya 350m dan "berpotensi berbahaya", dijadwalkan terbang dalam jarak 10.471.577 mil atau sekitar 43 kali jarak dari Bumi ke bulan tak lama setelah jam 1 pagi pada hari Sabtu.

BACA JUGA - Sudah Terasa di Jakarta Utara, Fenomena TC 98S Harus Diwaspadai

Untungnya tidak ada kemungkinan dampak bencana dengan planet kita, tetapi asteroid akan terlihat oleh teleskop dan dalam jangkauan radar planet tersebut.



Pusat Komunikasi Antariksa Dalam Goldstone NASA di California telah mengamati asteroid tersebut sejak 3 Maret dan akan terus mengamatinya hingga 14 Maret.

A steroid ini akan melewati Bumi lagi pada April 2029 ketika ia akan sangat dekat dengan kita. NASA mengatakan tentang fly-by itu: "Ini akan menjadi pendekatan terdekat dengan astroid sebesar ini. Apophis akan terlihat dengan mata telanjang selama beberapa jam, dan pasang surut air di bumi mungkin akan mengubah keadaan spinnya." tutur Pusat Komunikasi Antariksa Dalam Goldstone NASA

BACA JUGA - Riset Sebut Orang yang Sudah Divaksin COVID-19 Tak Aman dengan Mutasi P.1

Asteroid 2014 QJ33 diperkirakan akan melewati Bumi dengan aman pada jarak 6,67 unit bulan - 1.592.819 mil dari Bumi pada bulan September.

NASA saat ini sedang melacak sekitar 2.000 asteroid , komet, dan objek lain yang dapat terbang di dekat Bumi.



Bumi belum pernah melihat asteroid berskala apokaliptik sejak batu luar angkasa yang memusnahkan dinosaurus 66 juta tahun lalu.
(wbs)
preload video
KOMENTAR ANDA