Teleskop Luar Angkasa Milik NASA Diubah ke Safe Mode

Rabu, 10 Maret 2021 - 13:15 WIB
Teleskop Luar Angkasa Milik NASA Diubah ke Safe Mode
ilustrasi Logo NASA. FOTO/ IST
NEW YORK - Teleskop Luar Angkasa Hubble NASA mengalami gangguan tak terduga. Karena gangguan tersebut Hubble langsung diubah menjadi “Safe Mode”.

Dilaporkan bahwa ada sebuah bug di perangkat lunak sekitar pukul 4 pagi ET pada hari Minggu (7 Maret).

"Teleskop Luar Angkasa Hubble masuk ke mode aman karena kesalahan perangkat lunak onboard. Semua sistem sains tampak normal dan Hubble aman dan stabil. Tim sedang merencanakan untuk kembali dengan selamat itu ke operasi sains normal, " tulis anggota tim Hubble mengumumkan melalui akun Twitter resmi NASA.

Safe mode atau mode aman adalah fitur pelindung yang menghentikan pengamatan sains untuk sementara dan mengarahkan panel surya Hubble ke arah matahari untuk memastikannya memiliki daya yang cukup.

Mengutip dari Live Science, Rabu (10/3/2021), Hubble tetap dalam mode aman sampai kontrol darat dapat memperbaiki masalah tersebut.

Pada 2018, Hubble masuk ke mode aman setelah salah satu giroskopnya - instrumen yang membantu mengarahkan satelit - gagal.

Sekitar tiga minggu kemudian, tim dapat memperbaiki giroskop cadangan dari jarak jauh yang tidak berfungsi dengan baik, dan Hubble kembali beroperasi normal.

Sejak diluncurkan pada tahun 1990, teleskop luar angkasa Hubble yang ikonik telah mengamati alam semesta, mempelajari objek antarbintang, planet, bintang, lubang hitam supermasif, dan fenomena luar angkasa seperti galaksi yang bergabung NASA .