Arkeolog Temukan Harta Karun dari Periode Awal Islam di Israel

Kamis, 11 Maret 2021 - 21:42 WIB
loading...
Arkeolog Temukan Harta Karun dari Periode Awal Islam di Israel
Foto/IAA
A A A
YERUSALEM - Arkeolog yang menggali kota Ramla di Israel telah menemukan harta karun emas dan perak yang langka dari abad kedelapan hingga 11 Masehi. Para ahli percaya bahwa harta karun tersebut menonjolkan "kekayaan dan kemegahan" dari periode awal Islam.

Penggalian yang dilakukan atas nama Israel Antiquities Authority (IAA) menemukan koleksi koin, perhiasan, dan artefak lainnya di tengah reruntuhan rumah dan toko. Di salah satu toko, para arkeolog menemukan sekotak koin emas atau dinar dari periode Abbasiyah dan Fatimiyah (abad kedelapan hingga 11 M). (Baca: Helm Perang Prajurit Yunani Kuno Berusia 3.000 Tahun Ditemukan di Israel)

Arkeolog juga menemukan harta karun serupa di Kota Tua Yerusalem ketika mereka menemukan simpanan koin Islam berusia lebih dari 1.000 tahun. Harta karun Ramla juga termasuk timbangan perunggu dan timbangan yang digunakan oleh toko, serta gelang emas dan enam gelang perak.

IAA mengatakan dalam sebuah posting Facebook pada hari Rabu: "Perhiasan tersebut berasal dari periode Fatimiyah (abad ke-11 M) dan mencerminkan kekayaan dan kemegahan yang menjadi ciri perhiasan perak dan emas pada periode itu."

Arkeolog terkesan dengan bentuk gelang emas tersebut karena dihiasi di kedua ujungnya dengan dekorasi bunga yang indah dan di tengahnya dengan tulisan dua kata Arab yang berarti 'Saya berharap Anda mendapatkan berkah yang lengkap'. (Baca juga: Diguncang Puluhan Ribu Gempa, Warga Diminta Waspadai Letusan Gunung Berapi)

Barang lain yang menonjol di antaranya adalah lingkaran perak dengan kotak jimat yang terpasang padanya. Kotak itu dihiasi dengan pola bunga dan ayat-ayat Alquran "memuji Tuhan dan keesaan".

Dua dari barang terbesar di timbunan adalah gelang kaki perak yang masing-masing beratnya 170 gram. Gelang serupa telah ditemukan di masa lalu di dekat Gunung Kuil Yerusalem - situs tersuci di dunia Yahudi serta tempat ibadah penting bagi umat Islam. Harta karun tersebut kini dipajang di Museum Israel (yang sekarang dibuka untuk umum).

Awal tahun ini, IAA mengungkapkan bagaimana penyelam di lepas pantai Israel menemukan tumpukan koin dan patung kuno. Harta karun langka ditemukan di pelabuhan Romawi di Kaisarea, di pantai Mediterania. (Baca juga: Permukaan Laut Naik Drastis, Pesisir Jakarta Paling Terancam di Asia)

Beberapa tahun lalu, sepasang penyelam menemukan kapal kargo Romawi berusia 1.600 tahun di dasar pelabuhan. Bangkai kapal itu penuh dengan berbagai artefak menarik, mendorong eksplorasi kapal secara penuh.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1661 seconds (0.1#10.140)