Bumi Kuno adalah Dunia Air, Daratan Terbilang Langka

Senin, 15 Maret 2021 - 16:02 WIB
Bumi Kuno adalah Dunia Air, Daratan Terbilang Langka
Para peneliti percaya bahwa daratan terbilang langka sekitar 3 miliar-4 miliar tahun yang lalu. Foto/Alec Brenner/Universitas Harvard
JAKARTA - Selama berabad-abad, permukaan laut telah naik dan turun seiring perubahan suhu , tetapi total permukaan air Bumi selalu dianggap konstan.

Sekarang, semakin banyak bukti yang menunjukkan bahwa sekitar 3 miliar hingga 4 miliar tahun yang lalu, lautan di planet ini menampung hampir dua kali lebih banyak air. Jumlah yang cukup untuk menenggelamkan benua saat ini hingga di atas puncak Gunung Everest. Banjir dapat memicu mesin lempeng tektonik dan mempersulit kehidupan untuk memulai di darat.

Batuan di mantel masa kini, lapisan tebal bebatuan di bawah kerak, dianggap menyerap air senilai samudera atau lebih dalam struktur mineralnya. Tapi di awal sejarah Bumi, mantel, yang dihangatkan oleh radioaktivitas, empat kali lebih panas. Pekerjaan terbaru menggunakan pengepres hidrolik telah menunjukkan banyak mineral tidak dapat menahan hidrogen dan oksigen sebanyak mungkin pada suhu dan tekanan mantel.

“Itu menunjukkan bahwa air pasti ada di tempat lain,” kata Junjie Dong, mahasiswa pascasarjana dalam fisika mineral di Universitas Harvard yang memimpin model, berdasarkan eksperimen laboratorium tersebut, yang diterbitkan hari ini di AGU Advances. "Dan reservoir yang paling mungkin adalah permukaannya."

Makalah ini masuk akal secara intuitif, timpal Michael Walter, seorang ahli petrologi eksperimental di Carnegie Institution for Science. Ini adalah ide sederhana yang bisa memiliki implikasi penting.

Situs sains, sciencemag.org, melaporkan, dua mineral yang ditemukan jauh di dalam mantel menyimpan sebagian besar airnya saat ini: wadsleyite dan ringwoodite, varian tekanan tinggi dari mineral olivin vulkanik.

Batuan yang kaya akan mineral tersebut membentuk 7% massa planet, dan meskipun saat ini hanya 2% dari beratnya adalah air, "Sedikit bertambah banyak," kata Steven Jacobsen, ahli mineralogi eksperimental di Universitas Northwestern.

Jacobsen dan peneliti lain telah menciptakan mineral mantel ini dengan memeras bubuk batu ke puluhan ribu atmosfer dan memanaskannya hingga 1600 °C atau lebih. Tim Dong menggabungkan eksperimen untuk menunjukkan wadsleyite dan ringwoodite menahan sedikit air pada suhu yang lebih tinggi.

Selain itu, tim memprediksi, saat mantel mendingin, mineral ini sendiri akan menjadi lebih melimpah, menambah kemampuan mereka untuk menyerap air saat Bumi menua.

Eksperimen tidak sendirian dalam menyarankan planet yang terikat air. “Ada bukti geologis yang cukup jelas,” juga, kata Benjamin Johnson, ahli geokimia di Iowa State University.