Disertai Cahaya Terang, Bongkahan Meteorit Meledak di Langit Kuba

Senin, 22 Maret 2021 - 13:17 WIB
Disertai Cahaya Terang, Bongkahan Meteorit Meledak di Langit Kuba
Bola api yang terang meledak di atas Kuba, mengejutkan orang-orang di seluruh pulau. Foto/Twitter @ infinity_belle
HAVANA - Bongkahan meteorit melintas di langit Kuba pada Jumat 19 Maret 2021 malam. Sejumlah saksi mata yang melihat meteor itu menyebutkan ada ledakan besar ketika meteorit itu berada di udara.

Para ilmuwan mengumumkan pada hari Sabtu 20 Maret 2021 bahwa bola api itu kemungkinan besar disebabkan oleh batu luar angkasa kecil yang meledak saat memasuki atmosfer. Ketika meteor memasuki atmosfer Bumi, tekanan udara yang tinggi meretakkan meteorit dan meledakannya dengan suara yang kencang dan kilatan cahaya yang menyilaukan.

Seorang profesor ilmu planet di Universitas Purdue, Jay Melosh menjelaskan, ada gradien besar antara udara bertekanan tinggi di depan meteor dan ruang hampa udara di belakangnya. "Jika udara dapat bergerak melalui bagian dalam meteorit , ia dapat dengan mudah masuk ke dalam dan meledakkan potongan-potongan," katanya dikutip Expres.co.uk .

Pada hari Jumat, bola api diamati di kota Moa, Sagua de Tanamo dan Maisi. Menurut Enrique Arango Arias, kepala Layanan Seismologi Nasional Kuba, alatnya mendeteksi aktivitas seismik saat ledakan bola api terjadi. Instrumen itu mencatat gelombang ekspansif dari ledakan itu.

Pengguna media sosial juga melaporkan melihat cahaya merah dan putih di langit disertai oleh ledakan. Ledakan tersebut diyakini terjadi sekitar pukul 22.06 waktu setempat.

Menurut Elier Pila Fariñas dari Institut Meteorologi Kuba, satelit mencatat kilatan itu sebagai kilat yang mungkin terjadi meskipun langit cerah pada saat itu. Namun dalam serangkaian tweet pada hari Sabtu, dia mengatakan itu disebabkan oleh "kemungkinan meteorit".

Meteor itu juga dilaporkan terlihat dari Jamaika, yang hanya berjarak sekitar 200 mil di sebelah selatan pulau. Saksi mata Hilario Quintana Charlot dilaporkan mengatakan dia melihat cahaya turun di langit yang menerangi segalanya, dan kemudian dua atau tiga menit kemudian, dua ledakan berturut-turut.