Awal April, NASA Akan Terbangkan Helikopter Ingenuity di Mars

Rabu, 24 Maret 2021 - 10:42 WIB
loading...
Awal April, NASA Akan Terbangkan Helikopter Ingenuity di Mars
Foto/NASA
A A A
JAKARTA - Badan Antariksa Amerika Serikat NASA akan menerbangkan helikopter pertama mereka di Mars pada awal April. Helikopter kecil itu dibawa ke Planet Merah oleh penjelajah Perseverance , yang melakukan pendaratan dramatis di Kawah Jezero lebih dari sebulan lalu.

Helikopter Ingenuity yang menggunakan twin-rotor seberat 1,8kg itu akan mencoba serangkaian lompatan pendek di udara Mars. "Jika berhasil, itu akan mewakili sesuatu dari momen Wright Bersaudara," kata NASA. (Baca: Mantan Direktur Intelijen AS Ungkap Banyaknya Penampakan UFO di Bumi)

Ini tentu saja mengacu pada Orville dan Wilbur Wright, yang pada tahun 1903 melakukan penerbangan pesawat bertenaga pertama yang lebih berat dari udara yang bersejarah di Bumi.

Untuk menghubungkan momen Wright Bersaudara dengan Ingenuity, NASA memasang sepotong kain seukuran perangko dari pesawat Wright di helikopter mini tersebut.

Saat ini, helikopter masih berada di dalam Perseverance . Penutup pelindung dilepaskan pada akhir pekan dan dalam beberapa hari mendatang pesawat akan diturunkan ke tanah.

Insinyur telah mengidentifikasi area 10x10 meter di Jezero yang akan digunakan untuk menerbangkan Helikopter Ingenuity. PAda saat bersamaan nanti, Perseverance akan merekam peristiwa bersejarah tersebut. "Kami akan melakukan yang terbaik untuk menangkap momen Ingenuity saat terbang," kata insinyur NASA Farah Alibay. (Baca juga: Kapal Perang AS Akan Dipersenjatai Laser Pemburu dan Pembakar Drone)

Bagi ilmuwan, menerbangkan Ingenuity ini akan sangat menantang. Karena nantinya rover dan helikopter berfungsi secara mandiri dan terpisah. Perangkat pengatur waktu perlu disinkronkan agar fotografi dapat menangkap aksinya.

Ingenuity dibangun untuk menjadi sangat ringan. Itu harus dilakukan karena helikopter ini harus mencapai daya angkat di atmosfer tipis Mars.

Ini fitur empat bilah serat karbon yang dibuat khusus, disusun menjadi dua rotor sepanjang 1 meter yang berputar ke arah berlawanan pada sekitar 2.400 putaran per menit. Itu berkali-kali lebih cepat daripada baling-baling yang digunakan helikopter penumpang di Bumi.

Insinyur merencanakan penerbangan pertama menjadi penerbangan sederhana yang membuat helikopter naik sekitar 3 meter di atas permukaan, melayang dan berputar selama sekitar 30 detik, sebelum kemudian turun kembali.

Jika semuanya berjalan dengan baik, penerbangan selanjutnya akan menjadi lebih kompleks. "Saat ini, cara yang kami rencanakan adalah untuk tiga penerbangan pertama untuk menunjukkan kemampuan dasar - untuk melayang dan kemudian melintasi, pergi ke jarak yang lebih jauh di zona penerbangan dan kembali lagi," kata Havard Grip, kepala pilot Ingenuity kepada BBC News .

Lori Glaze, yang mengarahkan upaya sains planet NASA, mengatakan Ingenuity dapat membuka kemungkinan untuk eksplorasi udara di masa depan. (Baca juga: Berhubungan Intip Kelewat Berisik, Wanita Ini Minta Maaf ke Tetangga)

NASA telah menyetujui misi yang disebut Dragonfly yang akan menggunakan helikopter robotik untuk terbang melintasi permukaan bulan Saturnus Titan pada tahun 2030-an.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1174 seconds (0.1#10.140)