Minggu, 11 April 2021 - 18:02 WIB
5 Penemuan di Indonesia yang Membuat Heboh Mancanegara
Situs Gunung Padang yang diperkirakan bangunan piramida yang lebih tua dari Piramida Mesir. Foto/dok
JAKARTA - Indonesia merupakan negara kepulauan yang membentang dari Sabang sampai Merauke. Banyak misteri yang terkandung di alam yang kaya akan sumber daya ini.

Tidak dapat dipungkiri jika Indonesia menjadi kawasan penting dalam pengungkapan sejarah dunia. Mulai penemuan manusia purba dengan ukuran tubuh kecil hingga penemuan situs gunung Padang yang disebut-sebut merupakan Piramida tertua, bahkan lebih tua dari Piramida di Mesir.

1. Manusia Purba Flores

5 Penemuan di Indonesia yang Membuat Heboh Mancanegara

(Fosil Homo Floresiensis dibanding dengan fosil homo sapiens)

Homo floresiensis adalah nama yang diberikan oleh kelompok peneliti untuk spesies dari genus Homo , yang memiliki tubuh dan volume otak kecil. Pertama kali fosil manusia purba ini ditemukan di Liang Bua, Pulau Flores, pada tahun 2002.

Ukuran tubuh manusia purba yang ditemukan ini memiliki tinggi hanya 106 centimeter dengan volume otak yang kecil. Para arkeolog sudah mengkonfirmasi kalau fosil itu bukan fosil anak kecil sehingga mereka memberi nama fosil itu sebagai Homo floresiensis.

2. Kapal Ourang Medan

5 Penemuan di Indonesia yang Membuat Heboh Mancanegara

Pada Juni 1947, kapal Silver Star dan City of Baltimore yang berlayar secara terpisah di Selat Malaka mendapat sinyal darurat dari kapal dagang Belanda bernama Ourang Medan.

Dalam pesan itu, operator Kapal Ourang Medan mengirim kode morse berisi: "Semua awak kapal termasuk kapten terbaring sekarat. Mungkin semua sudah meninggal. Aku mati," tulis operator tidak dikenal tersebut seperti dikutip dari Daily Mail.

Saat ditemukan, tidak ada tanda-tanda kehidupan sama sekali. Seluruh awak kapal, penumpang hingga hewan mati dengan ekspresi wajah ketakutan dengan mata terbelalak.

Belum sempat dievakuasi, tiba-tiba kapal meledak dan terbakar. Tak lama kemudian kapal tersebut karam di Selat Malaka.

Hingga kini misteri kapal Ourang Medan dan meninggalnya seluruh awak kapal belum diketahui meski penelitian dan investigasi para jurnalis terus dilakukan pada waktu itu.

3. Lukisan Purba di Gua Kantiolola

5 Penemuan di Indonesia yang Membuat Heboh Mancanegara

Sebuah lukisan purba ditemukan di dalam gua Kantiolola, di Lembah Baliem, Wamena. Di bagian dalam gua yang menjadi kerajaan Kelelawar, terdapat lukisan dengan gambar yang cukup aneh.

Warga setempat percaya jika lukisan tersebut dibuat oleh makhluk asing. Ini mengingat dari lukisan yang bentuknya mirip manusia namun terdapat di dinding-dinding gua yang sangat tinggi.

Ilmuwan sempat meneliti lukisan tersebut dan memutuskan jika lukisan misterius itu dibuat oleh manusia purba ribuan tahun yang lalu. Tapi para ilmuwan belum mengetahui bagaimana cara manusiapurba itu membuat lukisan di dinding dengan tinggi yang sangat menjulang seperti itu.

4. Lukisan Gua Tertua di Dunia

5 Penemuan di Indonesia yang Membuat Heboh Mancanegara

Lukisan babi yang ada di gua area perbukitan kapur di Maros, Pangkep, Sulawesi Selatan dinilai sebagai lukisan gua tertua di dunia. Lukisan tersebut diperkirakan berusia 45.000 tahun.

Seorang profesor arkeologi di Pusat Penelitian Evolusi Manusia Australia Griffith University, Adam Brumm mengatakan, penemuan ini memberikan lebih banyak bukti bahwa Indonesia kuno adalah tempat untuk seni kuno lukisan gua.

Selain menjadi lukisan gua tertua di dunia, ini adalah karya seni representasional paling awal yang diketahui di dunia. Para peneliti meyakini, lukisan ini bukti paling awal dari manusia modern di Sulawesi.

5. Piramida Gunung Padang

5 Penemuan di Indonesia yang Membuat Heboh Mancanegara

Laporan pertama mengenai keberadaan situs ini dimuat pada Rapporten van de Oudheidkundige Dienst (ROD, "Buletin Dinas Kepurbakalaan") tahun 1914. Sejarawan Belanda, N. J. Krom juga telah menyinggungnya pada tahun 1949.

Krom menilai jika struktur situs Gunung Padang mirip dengan Piramida di Mesir. Situs ini diperkirakan pertama kali dibangun pada 8000 SM.

Usia situs Gunung Padang diperkirakan lebih tua dari Piramida di Mesir yang dibangun sekitar 2500 SM. Sementara peninggalan kota tua Mahenjo Daro dan Harrapa di India, dan budaya Mesopotamia berusia sekitar 3.000 tahun.