Baju Baja ala 'Iron Man' Mau Diproduksi Masal?

Selasa, 20 April 2021 - 21:59 WIB
loading...
Baju Baja ala Iron Man Mau Diproduksi Masal?
Ilustrasi Custom Iron Man. FOTO/ IST
JAKARTA - Bagaimana rasanya mengenakan pelindung tubuh berteknologi tinggi yang membuat menjadi super kuat dan tak kenal lelah, seperti layaknya dalam serial film superhero, Iron Man.

Teknologi yang disebut eksoskeleton itu kini semakin banyak dipakai dalam kehidupan nyata. Bahkan kehadirannya mulai dilirik untuk diproduksi secara masal. BACA JUGA - Laut Stabil, Hasil Riset Minta Penduduk Bumi Harus Waspada

Adalah SuitX California, perusahaan yang saat ini mulai memproses baju baja tersebut.

"Tidak ada keraguan dalam pikiran saya bahwa perangkat ini pada akhirnya akan dijual di toko perangkat keras," kata pendiri SuitX, Homayoon Kazerooni, dikutip dari BBC, Selasa (20/4/2021).

"Setelah harganya turun, Anda akan dapat membelinya di Home Depot," sambungnya.



Sederhananya, eksoskeleton adalah perangkat eksternal yang mendukung, menutupi, dan melindungi penggunanya, serta memberikan tingkat kekuatan dan daya tahan yang lebih tinggi.

Kadang perangkat ini juga disebut sebagai "wearable robots" atau robot yang dikenakan pada tubuh manusia.

Eksoskeleton ditenagai baterai dan dioperasikan dengan komputer, menggabungkan sistem motor dan hidrolik. Atau bisa juga lebih sederhana, berupa desain pasif yang menggunakan pegas dan peredam.

"Integrasi manusia dan mesin ke dalam satu sistem membuka peluang baru," kata Adrian Spragg, pakar teknologi di konsultan manajemen Accenture.

Menurut Spragg, banyak aplikasi awalnya berfokus pada aplikasi di bidang militer dan medis, tetapi dalam beberapa tahun terakhir bermunculan banyak penggunaan dalam berbagai industri.



Ekspansi ini, yang disertai dengan kemajuan pesat dalam teknologinya, telah membuat eksoskeleton semakin banyak digunakan oleh pekerja manufaktur.

Versi untuk konsumen sekarang sedang dikembangkan untuk membantu banyak orang agar lebih mudah melakukan berbagai hal mulai dari pekerjaan swakriya (DIY), hingga berjalan, menaiki tangga, dan aktivitas sehari-hari lainnya.

"Pakaian" SuitX sekarang sedang diuji oleh produsen mobil General Motors dan Fiat.

Prof Kazerooni, yang juga direktur Laboratorium Robotika dan Rekayasa Manusia Universitas California, mengatakan bahwa manfaat utama eksoskeleton buatan perusahaan itu adalah mencegah kelelahan otot.

"Kami telah menunjukkan bahwa aktivitas ototdi punggung, bahu, dan lutut turun hingga 50%. Jika aktivitas otot turun, itu berarti risiko cedera otot berkurang," pungkasnya.
(wbs)
preload video
KOMENTAR ANDA