Kamis, 22 April 2021 - 14:43 WIB
Akhirnya, Rover Perseverance NASA Sukses Ciptakan Oksigen di Mars
Perseverance berhasil menggunakan instrumen MOXIE-nya untuk menghasilkan oksigen dari atmosfer Mars yang tipis. Foto: dok NASA
CALIFORNIA - Kendaraan penjelajah (rover) Perseverance milik NASA baru saja mencetak rekor pertama di Mars yang dapat membantu membuka jalan bagi astronot untuk menjelajahi Planet Merah suatu hari nanti.

Perseverance berhasil menggunakan instrumen MOXIE-nya untuk menghasilkan oksigen dari atmosfer Mars yang tipis dan didominasi karbon dioksida untuk pertama kalinya.

Instrumen tersebut, mendemonstrasikan teknologi yang dapat membantu astronot bernapas. Proses tersebut tidak hanya menghasilkan oksigen bagi astronot, tetapi juga pengangkutan oksigen dalam jumlah besar dari Bumi sebagai propelan roket untuk perjalanan pulang.

Tonggak sejarah MOXIE terjadi pada Selasa (20/4) waktu setempat, hanya satu hari setelah Perseverance penerbangan helikopter pertama di Mars, Ingenuity.

"Ini adalah langkah penting pertama dalam mengubah karbon dioksida menjadi oksigen di Mars," kata Jim Reuter, administrator Space Technology Mission Directorate NASA, dikutip laman Space, Kamis (22/4).

Akhirnya, Rover Perseverance NASA Sukses Ciptakan Oksigen di Mars

Menurut Reuter, MOXIE masih memiliki lebih banyak pekerjaan yang harus dilakukan, tapi hasil dari demonstrasi teknologi ini hampir memberi harapan bagi mereka untuk bisa melihat manusia berada di Mars.

The Mars Oxygen In-Situ Resource Utilization Experiment atau MOXIE adalah kotak berwarna emas seukuran pemanggang roti yang terletak di dalam sisi kanan depan rover.

Benda yang dijuluki pohon mekanis itu menggunakan listrik dan kimia untuk memecah molekul karbon dioksida, yang terdiri dari satu atom karbon dan dua atom oksigen. MOXIE juga menghasilkan karbon monoksida.